Beranda Politik Teten Masduki Diberi Tahu Jokowi Setengah Jam Sebelum Dilantik

Teten Masduki Diberi Tahu Jokowi Setengah Jam Sebelum Dilantik

318
0
Sebarkan

Jakarta, sewarga.com – Pelantikan Teten Masduki selaku Kepala Staf Presiden menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan, Rabu (2/9), terkesan mendadak. Teten bahkan baru tahu akan dilantik setengah jam sebelum waktu pelantikan.

Teten diberi tahu langsung oleh Presiden Jokowi. “Baru pagi tadi (diberi tahu Presiden). Sekitar jam 08.30,” ujar Teten sesaat setelah dilantik Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

Aktivis antikorupsi yang selama ini menjabat sebagai anggota Tim Komunikasi Presiden itu bercerita, ia bahkan tak tahu akan dilantik meski sehari penuh kemarin mendampingi Jokowi menjalankan berbagai macam agenda.

Menurut Teten, Jokowi sama sekali tak memberi pertanda apapun kepadanya. “Presiden sungguh tidak bilang. Tapi ya sudah, (sekarang) saya ditugaskan oleh beliau jadi Kepala Staf Presiden,” kata dia.

Pagi tadi, ujar Teten, Menteri Sekretaris Negara Pratikno memang meneleponnya untuk meminta dia bersiap mengikuti pelantikan. Namun Teten semula tak menyangka dia yang bakal dilantik.

Teten pun tak tahu bagaimana prosesnya hingga Presiden memutuskan agar dia yang menggantikan posisi Luhut Pandjaitan yang kini menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan.

Tiga minggu terakhir ini sebelum Jokowi menunjuk Teten, Luhut merangkap jabatan Menko Polhukam dan Kepala Staf Presiden.

Pukul 07.42 WIB tadi, CNN Indonesia sempat meminta konfirmasi kepada Teten mengenai siapa yang akan dilantik oleh Jokowi menjadi Kepala Star Presiden. Saat itu Teten mengatakan tidak tahu.

“Nama masih di kantong Presiden, coba tanya (Menteri Sekretaris Negara) Pak Pratikno,” ujar Teten.

Namun sekitar setengah jam sebelum pelantikan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengirim twit di akun pribadi Twitter-nya. “Selamat bertugas dan berkarya Akang Teten #Kerja,” tulis Pram, memberi sinyal bahwa Teten adalah Kepala Staf Presiden yang baru.

Selanjutnya 10 menit sebelum pelantikan, Pramono mencuit kembali, “Bekerja dan selamat bekerja #KSP.” Cuitan tersebut dikirim bersama foto yang menunjukkan Pram tengah bersama Teten sembari tersenyum

Beberapa menit sebelum Teten dilantik, Pram memang mengeluarkan ponsel dari sakunya dan mengajak Teten untuk berfoto bersama.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.