Beranda Nasional Wapres Jusuf Kalla Beri Penghormatan Terakhir untuk Ali Wardhana

Wapres Jusuf Kalla Beri Penghormatan Terakhir untuk Ali Wardhana

119
0
Sebarkan

436951_620Jakarta, sewarga.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) datang melayat ke rumah Ali Wardhana di Kuningan, Jakarta Selatan. Dia menyampaikan penghormatan terakhir kepada mantan Menteri Keuangan (Menkeu) era Presiden Soeharto ini.

JK tiba di rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta Selatan (15/9/2015) sekitar pukul 09.00 WIB pagi ini. JK yang mengenakan batik cokelat lengan panjang berdiri di sebelah mantan Presiden ke-3 BJ Habibie.

Sebelumnya JK menyatakan sangat berduka atas kepergian Ali. Wapres menilai Ali adalah sosok yang sangat berjasa bagi bangsa.

“Semoga khusnul khotimah serta amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” ujar JK.

Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Ali Wardhana akan dimakamkan pagi ini di TPU Tanah Kusir. Pihak keluarga akan memberangkatkan jenazah dari rumah duka di Kompleks Patrajasa Blok XV, Kuningan, Jakarta Selatan pukul 09.30 WIB.

Pantauan di lokasi pukul 09.20 WIB, selain JK, sejumlah tokoh juga datang melayat. Beberapa di antaranya Hashim Djojohadikusumo, Presiden ke-3 BJ Habibie, Mantan Kepala BKKBN Haryono Suyono, dan Marzuki Usman.

Haryono menilai, banyak kebijakan Ali yang bermanfaat bagi bangsa semasa hidup. Terlebih dalam hal pengembangan program keluarga berencana.

“Kebijakan Ali Wardhana sangat didukung pemerintah, begitu juga dia mendukung kami untuk pengembangan program keluarga berencana karena dulu anggaran untuk KB hanya Rp 300 miliar. Sedangkan sekarang sudah Rp 3 triliun,” kata Haryono.

Menyoal penampilan Ali yang terlihat berjenggot, Haryono tidak dapat mengomentarinya lebih jauh karena tidak mengenal secara pribadi. “Saya kenal beliau hanya sewaktu menjadi Kepala BKKBN, tidak secara personal,” Pungkasnya.

Ali menjabat sebagai Menkeu pada rentang 1968-1983 atau pada masa Orde Baru yang dipimpin oleh Presiden Soeharto. Sebagai Menkeu terlama di Indonesia, Ali Wardhana dikenal sebagai arsitek ekonomi Indonesia. Dia pernah menurunkan hiperinflasi 650% menjadi 112%.

Guru besar Fakultas Ekonomi ini juga menjabat sebagai Menko Ekonomi, Industri, dan Pengawasan Pembangunan dalam periode 1983-1988. Ali meninggal dunia pada usia 87 tahun.

berbagai sumber


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.