Beranda Nasional Komisi I Ada Calon Dubes Pilihan Jokowi yang Tak Layak

Komisi I Ada Calon Dubes Pilihan Jokowi yang Tak Layak

79
0
Sebarkan
Indra Akuntono/Kompas.com Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.
Indra Akuntono/Kompas.com Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Jakarta, sewarga.com – Proses fit and proper test terhadap 33 calon duta besar yang digelar maraton oleh Komisi I DPR akhirnya rampung. Dari hasil pleno sementara, ada sejumlah calon yang diajukan Presiden Joko Widodo dianggap tidak layak menjadi dubes.

“Saya kira enggak banyak (yang tidak layak). Sedikit kok,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR Arsil Tanjung di Kompleks Parlemen, Kamis (17/9/2015) malam.

Arsil pun enggan membeberkan berapa jumlah pasti calon dubes yang dianggap tidak layak. Namun, ia menuturkan bahwa calon dubes yang dianggap tidak layak ada yang berasal dari jalur karier maupun non-karier.

“Nah, itu (jumlah) rahasia. Dua-duanya ada, tapi mayoritas diterima dan sebagian besar,” ujarnya.

Ia menambahkan, hasil rapat pleno terkait fit and proper test terhadap 33 calon dubes pada hari ini belum final. Rencananya, Komisi I akan menunggu hingga Senin (21/9/2015) pekan depan untuk melihat apakah ada masukan lain dari fraksi-fraksi terkait hasil fit and proper test.

Setelah melakukan fit and proper test, Komisi I akan menyerahkan hasil rekomendasi secara tertutup ke pimpinan DPR. Selanjutnya, rekomendasi itu akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo untuk menentukan rekomendasi tersebut.

Nama 33 calon dubes pilihan Jokowi beserta negara penugasannya bisa dilihat dalam tautan ini:( Baca Nama 33 Calon Dubes Usulan Jokowi )


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.