Beranda Nasional Ahok Ingin Sungai Ciliwung Jadi Sumber Air Baku di Ibukota

Ahok Ingin Sungai Ciliwung Jadi Sumber Air Baku di Ibukota

71
0
Sebarkan
Foto: Berita Jakarta
Foto: Berita Jakarta

Jakarta, sewarga.com – Kondisi air Sungai Ciliwung yang tak pernah kering saat musim kemarau, membuat Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), ingin Sungai Ciliwung menjadi sumber air baku di ibukota. Namun harus dilakukan normalisasi sungai agar kondisi air bisa lebih baik.

Basuki menuturkan, Sungai Ciliwung merupakan berkah bagi ibukota. Sehingga harus dijaga dan dilestarikan. “Kita akan mulai manfaatin Sungai Ciliwung. Makanya, harus normalisasi Sungai Ciliwung. Kita ngomong jujur, Ciliwung adalah berkah untuk orang Jakarta, bukan bencana,” ujar Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (18/9).

Basuki berpendapat, saat musim kemarau seperti saat ini, Jakarta bisa tetap memanfaatkan Sungai Ciliwung. Terlebih saat ini Bendungan Katulampa sudah kering. “Di Katulampa ternyata waktu kemarau nggak ada air. Makanya kita coba dari Jatiluhur dan kita mau manfaatkan Ciliwung,” katanya.

Untuk itu, lanjut Basuki, Pemprov DKI Jakarta bersama dengan pemerintah pusat tengah melakukan normalisasi sungai. Namun beberapa warga yang berada di badan dan bantaran sungai harus direlokasi. Pemprov DKI juga telah menyiapkan rumah susun bagi warga yang direlokasi.

“Musim kemarau begitu panjang, Ciliwung masih kencang dan deras airnya. Artinya sumber air Ciliwung itu luar biasa buat Jakarta. Tapi, kenapa tidak bisa dimanfaatkan buat air. Makanya kita harus melakukan normalisasi Sungai Ciliwung,” katanya.
Basuki pun meminta dukungan dari berbagai kalangan untuk dapat menormalisasi sungai. Termasuk warga yang berada di badan dan bantaran sungai untuk mau direlokasi.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.