Beranda Politik Ajak Anak Main di Luar Rumah Kurangi Risiko Rabun Jauh

Ajak Anak Main di Luar Rumah Kurangi Risiko Rabun Jauh

133
0
Sebarkan

mother-daughter-relationship-mainJakarta, sewarga.com – Banyak orang tua yang melarang anak-anaknya bermain di luar rumah karena berbagai macam alasan. Akan tetapi, sebuah studi di China, mengatakan bahwa bermain di luar rumah akan mengurangi risiko rabun jauh atau miopia pada anak.

Di China, siswa dan siswi sekolah dasar menghabiskan waktu 45 menit di luar sekolah setiap harinya. Menurut studi yang dipimpin Mingguang He dari Sun Yat-sen University di Guangzhou, hal itu dapat mengurangi risiko rabun jauh atau miopia.

“Terdapat studi yang menyatakan bahwa terdapat efek protektif dari waktu bermain di luar ruangan terhadap risiko miopia,” ujar He. “Studi kami, sebagai uji coba secara acak, mampu membuktikan kausalitasnya dan memberikan bukti terhadap publik.”

He mengatakan, tingkat intensitas waktu di sekolah dan kecilnya waktu bermain di luar, telah berkontribusi besar pada peningkatan jumlah kasus rabun jauh di China. Sejauh ini, seperti dikutip dari laman Fox News, di beberapa wilayah di China, 90 persen lulusan pelajar SMA mengidap rabun jauh.

Begitu juga di Eropa dan Timur Tengah, walaupun jumlahnya masih tergolong sedikit, pengidap miopia di sana semakin bertambah.

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti membagi 12 sekolah dasar di China menjadi enam kelompok: enam kelompok pertama melanjutkan aktivitas sekolah mereka seperti biasanya, dan enam kelompok lainnya menambahkan 40 menit waktu untuk bermain di luar kelas.

Selain itu, orang tua juga mendorong anak-anak di kelompok kedua untuk bermain di luar rumah setiap akhir pekan.

Setelah tiga tahun, 30 persen dari anak yang berada di kelompok kedua, dapat mengurangi risiko rabun jauh, dibandingkan dengan 40 persen dari kelompok pertama.

Hal ini membuktikan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu di luar, mengurangi sekitar 23 persen risiko terkena miopia.

Lebih lanjut, para peneliti menegaskan, bermain di luar juga dapat memberikan risiko terkena sinar ultra violet atau UV. Namun menurutnya, hal ini dapat diatasi melalui perlindungan standar sinar UV.

Walaupun studi ini tidak menyelidiki mengapa waktu di luar ruangan dapat melindungi penglihatan pada anak, namun ia menegaskan beberapa hasil eksperimen menunjukkan bahwa cahaya terang di luar dapat memengaruhi pertumbuhan mata dan menghambat miopia.

He menyarankan, untuk memaksimalkan keuntungan ini, siswa dan siswi di sekolah harus meningkatkan waktu di luar ruangan, dan orang tua juga ikut serta mendorong anak-anaknya bermain di luar saat akhir pekan.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.