Beranda Nasional Hewan Kurban Jabar Tahun Ini Diprediksi Mencapai 270 Ribu Ekor

Hewan Kurban Jabar Tahun Ini Diprediksi Mencapai 270 Ribu Ekor

85
0
Sebarkan

antarafoto-HewanKurban251011-02Bandung, sewarga.com – Kebutuhan hewan kurban di Jabar tahun 2015 ini diprediksi meningkat dibandingkan tahun 2014 lalu. Plh Gubernur Jabar Deddy Mizwar memperkirakan jumlah hewan kurban yang akan dipotong pada tahun ini mencapai 270.000 ekor meliputi sapi, kerbau, domba dan kambing.

Hal itu disampaikan Deddy pada wartawan usai melepas Tim Pemeriksa Hewan Kurban di Kantor Dinas Peternakan, Jalan Ir Djuanda, Jumat (18/9/2015).

“Tahun ini diperkirakan 270 ribu ekor hewan akan disembelih. Karena itu diperlukan upaya menjamin ketentraman umat Islam yang akan menyelenggarakan ibadah kurban, salah satunya melalui antisipasi agar hewan ternak yang disembelih memenuhi syarat kesehatan hewan sesuai syariat Islam,” ujar Deddy.

Pada tahun 2014 lalu, realisasi pemotongan hewan kurban mencapai 254.708 ekor, dengan rincian 64.727 ekor sapi, 1.411 ekor kerbau, 158.632 ekor domba, 30.363 ekor kambing.

Melalui Dinas Peternakan Jabar Pemprov melakukan pengawasan terhadap kesehatan hewan kurban mulai dari sebelum disembelih hingga setelahnya untuk melihat kualitas daging. Tujuan pengawasan yaitu supaya penyakit menular terutama yang bersifat zoonosis dapat dicegah dan dikendalikan. (Baca SPG Rokok atau Mobil Sudah Biasa, SPG Ini Baru Luar Biasa )

Jumlah petugas tim pemeriksa hewan kurban yang disiapkan pemprov Jabar mencapai 500 orang.

“Kami berharap pemeriksaan dan pengawasan terhadap hewan kurban yang intensif ini akan membuat hewan kurban yang akan disembelih dapat memenuhi kualitas serta sesuai syariat Islam seperti halal, aman, utuh dan sehat,” katanya.

Deddy juga berharap pedagang memperjualbelikan hewan kurban yang sehat, tidak cacat, cukup umur, berkelamin jantan, dan memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal. Penjual ternak kurban juga diminta untuk melakukan penampungan di tempat tertentu agar memudahkan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan.

“Pembeli juga harus perhatikan aspek umur dan kesehatan hewan kurban yang akan dibeli,” tutur Deddy.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.