Beranda Nasional Kapolda : Taxi Uber Enggak Jelas

Kapolda : Taxi Uber Enggak Jelas

534
0
Sebarkan

taksi-uber_1Jakarta, sewarga.com – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian mengatakan taksi Uber tidak memiliki kejelasan di Indonesia. Ketidakjelasan itu meliputi banyak hal, di antaranya asuransi hingga pertanggungjawaban kepada penumpang.

“Uber ini masalahnya dia enggak jelas. Enggak jelas kantornya, alamatnya. Kalau ada kejadian siapa yang tanggung jawab pada konsumen,” kata Tito Karnavian, Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Aspek yang paling masuk akal bagi penumpang yakni soal kemudahan akses menikmati layanan Uber. Namun soal asuransi pada jasa transportasi tersebut belum terlihat jelas.

“Kalau Go-Jek kecelakaan ada asuransi dia jelas, pajak dia bayar. Nah, kalau sekarang (Uber) ini, pajak gak jelas, asuransi gak jelas,” kata Tito.

Menurut Tito, bila dibiarkan hal ini berisiko menimbulkan masalah lain. Salah satunya adalah risiko kejahatan saat menggunakan jasa transportasi Uber.

“Yang tanggung jawab siapa? Organisasinya mana? Standarisasinya apa? Kemudian kalau kita berlakukan atau biarkan ini, jadi gak jelas,” kata Tito.

Sehingga polisi dan stakeholder lainnya mengambil langkah tegas berupa penegakan hukum. Hal ini dilakukan sampai Uber dapat mengikuti aturan yang sesuai di Indonesia mengenai layanan jasa transportasi.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.