Beranda Politik Alasan Alex Ferguson Pensiun

Alasan Alex Ferguson Pensiun

62
0
Sebarkan

beckham3_3203296bJakarta, sewarga.com – Sir Alex Ferguson, 73, menutup karier manajernya dengan sempurna pada tahun 2013. Ia menutup karier setelah memberi Manchester United trofi Liga Inggris untuk terakhir kalinya, trofi ke-13

Raihan itu pun membuat Tim Setan Merah menjadi peraih trofi terbanyak Liga Inggris–mencuri tahta yang sebelumnya dimiliki Liverpool.¬†Sepanjang 26 tahun melatih ManUtd, Fergie mempersembahkan 38 trofi termasuk 13 gelar Liga Inggris dan dua Liga Champions.

Apakah itu yang membuat Ferguson merasa sudah cukup menukangi ManUtd dan memutuskan pensiun dari karier sebagai manajer? Nyatanya tidak.

Hal yang membuat Ferguson memutuskan pensiun adalah istrinya. Seperti dilansir Telegraph, pria asal Skotlandia itu masih ingin terus berada di Old Trafford. Namun, kondisi istrinya lah yang membuat Ferguson memutuskan untuk cukup.

Ferguson mengungkapkan ketika saudari iparnya, Bridget Robertson, wafat pada 2012 silam, ia melihat kondisi istrinya sendiri, Cathy. Akhirnya Ferguson pun memutuskan akan menghabiskan waktu lebih lama bersama perempuan yang telah menemaninya selama 49 tahun itu.

“Saya jelas sekali akan tetap lanjut. Tapi saya melihat dia (Cathy Ferguson) menonton televisi di suatu malam, dan dia melihat ke arah langit-langit. Saya tahu dia terisolasi. Dia dan Bridget adalah saudara kembar,” kata Ferguson. “Ketika saya bilang padanya saat ini saya akan pensiun, dia tidak bertanya apa tujuannya. Saya tahu dia menginginkan saya.”

Setelah Fergie pergi ManUtd pun terpuruk. David Moyes–mantan Manajer Everton–yang ditunjuk mengganti Ferguson tak bisa meneruskan kejayaan tim itu sehingga ia dipecat dan diganti caretaker Ryan Giggs jelang musim 2013/14 berakhir. Moyes hanya menikmati 10 bulan di Old Trafford.

Lalu di musim 2014/15, setelah Piala Dunia 2014, ManUtd merekrut mantan pelatih timnas Belanda Louis van Gaal sebagai manajer. Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munich itu pun berhasil membawa ManUtd kembali ke Liga Champions.

Kini di musim keduanya, Van Gaal ditantang membawa tim Setan Merah kembali ke jajaran elite dengan meraih trofi.

Sumber: Berbagai sumber

 


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.