Beranda Hiburan Deddy Mizwar Mengaku Sudah Lupa Berakting

Deddy Mizwar Mengaku Sudah Lupa Berakting

74
0
Sebarkan
KOMPAS.com/Rio Kuswandi
KOMPAS.com/Rio Kuswandi

Depok, sewarga.com – Aktor kawakan yang kini Wakil Gubernur Jawa Barat M mengaku sudah lupa berakting. Namun, karena diminta Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, pemeran Jenderal Naga Bonar dalam film itu bersedia membacakan puisi di depan 1.200 peserta Musyawarah Nasional Ke-4 PKS, di Depok, Jawa Barat, Senin (14/9).

Salah satu dari tiga puisi yang dibacakannya adalah puisi karya Taufiq Ismail yang ditulis pada 1966 berjudul “Memang Selalu Demikian, Hadi”. Namun, pada beberapa bagian bait puisinya, Deddy melakukan improvisasi mengganti kata Hadi dengan beberapa nama petinggi PKS, seperti Presiden PKS Sohibul Iman, mantan Presiden PKS Anis Matta, dan Ahmad Heryawan.

“Setiap perjuangan selalu melahirkan sejumlah pengkhianat dan para penjilat, jangan kau gusar, Sohibul Iman. Setiap perjuangan selalu menghadapkan kita pada kaum yang bimbang menghadapi gelombang, jangan kau kecewa, Anis Matta. Setiap perjuangan yang akan menang, selalu mendatangkan pahlawan jadi-jadian, dan para jagoan kesiangan. Memang demikianlah halnya, Ahmad Heryawan”.

Dua puisi lain yang dibacakan Deddy adalah karya tokoh Nahdlatul Ulama, KH Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus, berjudul “Rasanya, Puisi Kemerdekaan”, dan karya Taufiq Ismail yang ditulis tahun 1982 berjudul, “Membaca Tanda-Tanda”. Puisi-puisi ini semuanya melukiskan kerisauan terhadap kondisi bangsa dan Negara Indonesia hingga saat ini.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.