Beranda Nasional Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Hadiri Acara Puncak Sail Tomini

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Hadiri Acara Puncak Sail Tomini

261
0
Sebarkan

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Sulteng, Jumat malam (18/9) [Antara].
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Sulteng, Jumat malam (18/9) [Antara].
Sulteng,sewarga.com – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana tiba di lokasi acara puncak Sail Tomini 2015 di Pantai Kayubura, Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng, pukul 08.45 WITA setelah terbang dengan helikopter dari Bandara Mutiara, Palu.

Seperti dilansir Antara, Presiden dan Ibu Negara Iriana yang mengenakan batik bermotif khusus Sail Tomini berjalan di atas karpet merah sepanjang sekitar 60 meter menuju tenda utama dengan didampingi 15 menteri, Panglima TNI dan para kepala staf TNI, Kapolri, Gubernur Sulteng Longki Djanggola, Bupati Parigi Moutong dan para gubernur se-Sulawesi.

Di lokasi acara puncak Sail Tomini ini, Presiden akan memberikan amanat dan menyaksikan parade kapal perang yang diikuti 27 KRI milik TNI AL serta enam kapal perang negara sahabat dari Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Tiongkok dan Australia.

Ikut pula puluhan kapal-kapal pemerintah dari berbagai kementerian dan lembaga negara, kapal-kapal nelayan Sulteng serta kapal nelayan tradisional Sandeq dari Sulawesi barat.

Parade ini akan dimeriahkan pula dengan terjun payung personel TNI AL dan TNI AU, atraksi tank-tank amfibi Korps Marinir dan atraksi tiga pesawat tempur Sukhoi dari skadron udara Hasanuddin Makassar.

Presiden juga akan meresmikan rumah sentra informasi nelayan, meninjau pameran produksi dan potensi ekonomi daerah, melaksanakan panen udang vaname dengan teknologi supra intensif serta meresmikan jembatan Dolago.

Ribuan warga Parigi Moutong dan beberapa daerah dari Sulawesi Tengah memadati kawasan pantai Kayubura seluas 21,3 hektare ini sejak pukul 06.00 WITA.

Untuk kepentingan pengamanan dan kelancaran acara puncak Sail Tomini, aparat keamanan menutup jalan trans Sulawesi dari Palu ke Parigi untuk kendaraan umum yang tidak terkait Sail Tomini dari pukul 06.00 WITA hingga Presiden meninggalkan Parigi Moutong menuju Palu dan Jakarta.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.