Beranda Politik Keliling Dunia Naik Motor, Jeffrey Polnaja Tempuh 420 ribu km

Keliling Dunia Naik Motor, Jeffrey Polnaja Tempuh 420 ribu km

240
0
Sebarkan

Jakarta, sewarga.com – Kota Jakarta menjadi tempat finis Jeffrey Polnaja usai menempuh 420 ribu km ke seluruh dunia. Dengan BMW R 155 GS, Jeffrey Polnaja telah melintasi 97 negara di seluruh dunia dengan membawa misi perdamaian.

Tentu butuh stamina yang kuat untuk mengendarai motor sejauh 420 ribu km tersebut. Motor yang digunakan juga harus memiliki suku cadang yang bagus untuk memuluskan perjalanan.

Tak hanya itu, bagi rider yang ingin mengikuti jejak seperti Jeffrey Polnaja berkeliling dunia, juga harus memiliki beragam kemampuan. Bukan hanya kemampuan mengendarai di segala situasi, namun kemampuan di segala bidang yg pengendara miliki.

Dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (19/9/2015), kemarin, Jeffrey Polnaja atau akrab disapa Kang JJ berbagi tips bagi pengendara motor yang ingin mengikuti jejak dirinya. Bagi Kang JJ, uang bukanlah segalanya saat rider berkelana mengelilingi dunia.

“Di jalan uang bukanlah segalanya. Anda juga harus pintar. Apapun sebenarnya bisa jadi duit. Kalau bawa uang Rp 1-3 miliar bisa saja habis saat jalan. Tapi kalau skill kan tidak,” ujar Kang JJ dengan style memakai kacamata hitam Oakley miliknya.

Menurut Kang JJ, kemampuan rider seperti memasak, fotografi, atau yang lainnya dapat membantu dalam perjalananan. Ia berbagi pengalaman bagaimana ia bisa menghasilkan uang selama perjalanan. Salah satunya dengan kamera dan skill fotografi yang ia miliki.

“Hanya modal kamera pocket, saya juara di Kanada. Jualan foto lumayan bisa dihargai sebesar US$ 200-300. Lumayan kan buat beli bensin,” ujar ia.

Dengan melakukan perjalanan seorang diri ke seluruh penjuru dunia, Kang JJ juga mengaku mendapat banyak pembelajaran. Mulai dari servis motor seorang diri, memperbaiki ban motor yang rusak, dan sebagainya. Pengalaman tersebut tidak ia dapatkan jika tidak melakukan riding ke seluruh dunia.

“Saya banyak belajar untuk servis motor sendiri. Banyak baca buku petunjuk. Yang awalnya saya tidak mengerti, kini saya akhirnya banyak tahu,” lanjut pria yang berhasil mencatat rekor sebagai nomor dua orang yang mampu menjelajahi dunia dengan motor.

Terakhir, Kang JJ juga memberi tips kepada para rider yang ingin mengikuti jejak dirinya. Jangan berhenti hanya karena masalah uang. Menurut ia, banyak orang yang memiliki uang banyak, namun mereka tidak mampu menjelajahi dunia seorang diri seperti dirinya.

“Jangan karena tidak ada duit terus berhenti. Yang punya banyak uang malah tidak bisa pergi seperti saya. Be your self,” pesan Kang JJ.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.