Beranda Politik Kebahagian adalah Ketika Mencapai Tujuan Karier di Usia 27 Tahun

Kebahagian adalah Ketika Mencapai Tujuan Karier di Usia 27 Tahun

76
0
Sebarkan
Ilustrasi perempuan. (Getty images/ lzf/thinkstockphotos.com)
Ilustrasi perempuan. (Getty images/ lzf/thinkstockphotos.com)

Jakarta, sewarga.com – Kebahagiaan adalah ketika Anda berhasil mencapai tujuan karier di usia 27 tahun, berdasarkan laporan sebuah penelitian terbaru. Penelitian mengatakan bahwa laki-laki, khususnya, melaporkan bahwa mereka kurang merasa puas di kemudian hari ketika mereka gagal meningkatkan karier sebelum berusia 27.

Namun, ekspektasi perempuan sedikit berbeda. Bagi sebagian besar perempuan mendapatkan gelar dan mencapai mobilitas sosial yang lebih tinggi dapat memberikan kepuasaan. Studi yang dilakukan oleh Universitas Edinburgh ini meneliti 1.208 anak-anak Skotlandia yang lahir pada tahun 1936. Mereka diwawancara pada usia 11 tahun pada 1947, dan 27 tahun pada 1963 untuk studi yang disebut 6-Day Sample.

Pada 52 tahun kemudian,  penelitian baru 6-Day Sample menemukan bahwa orang-orang yang mengatakan mereka berjuang untuk mencapai karier mereka pada tahun 1963 melaporkan bahwa kehidupan mereka tidak memiliki makna pada usia 77 tahun.

Sebaliknya, sebagian besar perempuan berusia 77 tahun yang disurvei, yang menolak kesempatan sama yang dimiliki laki-laki di tahun 1940-an dan 1950-an, melaporkan mereka memiliki kesempatan mengenyam pendidikan dan naik ke tangga sosial lebih tinggi yang menyebabkan kepuasaan hidup lebih besar.

Bagi perempuan yang bekerja, mereka juga melaporkan, semakin tinggi kemajuan yang mereka capai dalam karier, maka semakin bahagia mereka. Caroline Brett, rekan peneliti yang terlibat dalam penelitian mengatakan, “Laki-laki dan perempuan ini memasuki pasar tenaga kerja pada awal 1950-an yakni ketika peluang kerja cukup berbeda dari anak-anak muda saat ini.”

“Laki-laki melakukan pekerjaan penuh, dan banyak perempuan diharapkan meninggalkan pekerjaan mereka untuk menikah dan memulai sebuah keluarga. Tapi berkat proyek 6-Day Sample kami tetap mendapatkan gambaran detail kehidupan mereka saat menjadi orang dewasa muda di era tersebut.”

“Pada laki-laki, awal karier yang tidak stabil atau kurangnya pencapaian tujuan atau mobilitas sosial berhubungan negatif dengan harapan ke depan di mana hidup menjadi masuk akal di usia tua.”

“Pada perempuan, di mana kesempatan pendidikan dan pekerjaan kerap lebih kecil, mendapatkan pendidikan dan status pekerjaan yang lebih tinggi dapat menciptakan pandangan yang lebih optimis di usia tua.”


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.