Beranda Nasional Idul Adha, Jokowi Sumbang Satu Sapi ke Masjid Agung Solo

Idul Adha, Jokowi Sumbang Satu Sapi ke Masjid Agung Solo

113
0
Sebarkan

174899_jelang-idul-adha-harga-sapi-naik_663_382Solo, sewarga.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan kurban seekor sapi di Masjid Agung Solo. Sapi tersebut rencananya akan disembelih pada Kamis 24 September usai salat Ied di masjid peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta itu.

Ketua Takmir Masjid Agung Solo Muhtarom mengatakan pengurus Masjid Agung baru mengetahuinya pada Minggu 20 September lalu.

“Yang memberitahu jika Pak Presiden akan menyerahkan hewan kurban berupa 1 ekor sapi, itu pihak tata usaha Masjid Agung,” kata Muhtarom, Solo, Jawa Tengah, Senin 21 September 2015.

Terkait kapan sapi tersebut akan diserahkan kepada pihak pengurus masjid, Muhtarom mengaku belum tahu pasti. Dia menyebutkan, Iduladha tahun lalu, mantan Walikota Solo itu juga menyerahkan seekor sapi untuk hewan kurban di Masjid Agung Solo.

“Tahun lalu Pak Jokowi memang memberikan 1 ekor sapi. Sedangkan untuk tahun ini kita tunggu saja. Kapan datangnya sapi tersebut, kita juga belum tahu,” ungkap Muhtarom.

Dengan adanya pemberian hewan kurban dari orang nomor satu di negara ini, Muhtarom menyimpulkan, jumlah sapi untuk kurban di Masjid Agung Solo pada Iduladha tahun ini menjadi 5 ‎ekor.

“Awalnya 4 ekor sapi, tetapi setelah ada kabar Pak Jokowi akan menyerahkan 1 sapi sebagai hewan kurban, maka jumlahnya menjadi 5 ekor. Sedangkan untuk jumlah kambingnya, saya lupa,” sebut dia.

Proses penyembelihan hewan kurban tersebut, menurut dia, akan dilakukan pada Kamis 24 September, tepatnya usai salat Ied. Selanjutnya daging hewan kurban akan dibagikan kepada para jemaah masjid serta warga kampung di sekitar Masjid Agung Solo.

“Nanti daging hewan kurban akan dibagikan di sekitar lingkungan masjid serta para jamaah dan pengunjung masjid,” pungkas Muhtarom.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.