Beranda Nasional Menteri Rini Terima Perabot Mewah Rumah Dinas Menteri BUMN

Menteri Rini Terima Perabot Mewah Rumah Dinas Menteri BUMN

205
0
Sebarkan

o_19p1oshb1vh01urqnti1r0oebumJakarta, sewarga.com – Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Masinton Pasaribu melaporkan dugaan gratifikasi dari Direktur Utama (Dirut) PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, RJ Lino kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (22/9). Pelaporan ini dilakukan atas dokumen tertanggal 16 Maret 2015 yang diterimanya dari masyarakat.

“Saya menyampaikan informasi dan minta klarifikasi berkaitan dengan dugaan gratifikasi Dirut Pelindo kepada Menteri BUMN tanggal 16 Maret 2015,” kata Masinton usai menyerahkan laporan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (22/9).

Masinton menuturkan, dokumen yang diperolehnya berisi nota dinas untuk pengadaan perabotan rumah dinas Menteri BUMN. Perabotan itu terdiri dari sebuah kursi sofa dengan tiga dudukan senilai Rp 35 juta, dua kursi sofa dengan satu dudukan masing-masing senilai Rp 25 juta, sebuah meja sofa Rp 10 juta, dan enam kursi makan masing-masing senilai Rp 25 juta.
“Selain itu sebuah meja makan senilai Rp 25 juta, dan satu set perlengkapan ruang kerja Rp 59 juta. Secara total (perabotan) itu nilainya Rp 200 juta,” katanya.

Salah satu fotokopi dokumen yang dibawanya, kata Masinton, berisi perintah dari RJ Lino kepada Asisten Manajer Umum PT Pelindo II untuk menggarap pengadaan perabotan rumah dinas Menteri BUMN.

Masinto mengaku tak mengetahui secara pasti kaitan gratifikasi yang diterima Rini dengan dugaan tindak pidana korupsi. Masinton meminta KPK bekerja dan mengungkap dugaan gratifikasi ini. “Belum, nanti biar disidik. Saya (hanya) meneruskan informasi ini. Invoice ada, transfernya ada,” katanya.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.