Beranda Nasional Mencuri dalam Pesawat, WN Tiongkok Ditahan Polisi Soetta

Mencuri dalam Pesawat, WN Tiongkok Ditahan Polisi Soetta

57
0
Sebarkan

1402942529Jakarta, sewarga.com – Seorang warga negara Tiongkok Gan Zhongcheng ditahan di Mapolres Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) usai pesawat Qatar Airways QR 956 rute Doha-Jakarta mendarat, Minggu 20 September 2015. Pria 41 tahun ini diduga kuat melakukan pencurian terhadap beberapa penumpang selama pesawat tersebut mengudara.

Aksinya terungkap berkat seorang penumpang Beny (36) memergokinya sedang membuka kabin pesawat dan mengambil 4 tas ransel. Pengamatan Beny, tas-tas tersebut dibawa tersangka Gan ke bangkunya. Beny meyakini bahwa tas yang dibawa Gan adalah milik penumpang lainnya yang tertidur dalam perjalanan.

“Saudara Beny kemudian membangunkan penumpang yang bernama belakangan diketahui bernama Steven, dia yakin tas tersebut milik Steven ini. Lalu dia bilang tasnya sempat dibawa orang. Setelah dicek ternyata benar, isi tas sudah acak-acakan,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal ketika dihubungi, Rabu (23/9/2015).

Kemudian, lanjut Iqbal, Steven memeriksa mata uang asing yang ia simpan di tasnya. Ia pun terkejut karena uang tersebut sudah raib. “Uang korban yang hilang 300 euro dan pecahan 50 euro. Kalau dirupiahkan kurang lebih Rp 4,8 juta,” imbuh Iqbal.

Setelah itu, Steven melapor kepada kru pesawat bahwa uangnya hilang dan menjelaskan ciri-ciri orang yang diduga pelaku sesuai dengan informasi Beny. Saat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, kru pesawat langsung melaporkan kejadian ini ke aparat di bandara dan kemudian kasus ini dilimpahkan ke Polres Bandara Soekarno-Hatta.

“Ada 4 warga Tiongkok yang diamankan pihak keamanan bandara saat pesawat landing. Namun berdasarkan alat bukti yang sudah ada, patut diduga Saudara Gan Zhongcheng pelakunya, sehingga 3 orang lainnya dilepaskan,” tutup Iqbal.

Gan Zhongcheng kini dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.