Beranda Politik Ibas Imbau Semua Pihak Kawal Pilkada

Ibas Imbau Semua Pihak Kawal Pilkada

99
0
Sebarkan

14488_12454_IbasJakarta, sewarga.com – Seluruh pihak harus mengawal pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 9 Desember mendatang. Dengan begitu, pilkada dapat terlaksana dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Demikian dikemukakan Ketua Komisi Pemenangan Pemilu (KPP) DPP Partai Demokrat (PD) Edhie Baskoro Yudhoyono saat berbincang, Jumat (25/9).

“Mari kita kawal pilkada. Kalau ada yang melanggar aturan main, bisa ke panwas (panitia pengawas) atau kepolisian yang terkait pidana,” kata pria yang akrab dipanggil Ibas ini.

Dia menambahkan, pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah (paslon) yang kalah nantinya dapat mengajukan sengketa hasil ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya, sengketa ke MK tentu harus dilengkapi dengan data yang sahih.

Dia berharap tidak terjadi konflik pada pilkada. Hal ini juga sudah diingatkan kepada paslon yang diusung partainya sendiri maupun koalisi. “Kita tidak mau ada kekacauaan pilkada yang ujungnya bakar-bakaran. Kalau paslon ingin tarung sampai titik darah terakhir, lakukan sampai di MK. Cara-cara lain tidak dibenarkan. Kasihan nanti pihak kepolisian,” tegasnya.

Ketua Fraksi PD DPR (FPD) tersebut juga tidak ingin ada penyalahgunaan kekuasaan. Termasuk, lanjutnya, pelibatan elemen TNI/ Polri untuk pemenangan kelompok tertentu. “Meski kita tidak curiga ya atas kemungkinan penyalahgunaan kekuasaan dan pelibatan TNI/ Polri,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi (BP-OKK) PD, Pramono Edhie Wibowo menyatakan, peran paslon sangat penting agar tidak terjadi konflik pasca pilkada.

“Potensi konflik bisa diredam andai paslon serta partai pengusungnya bisa menenangkan pemilih. Karena biasanya kan yang kalah tidak terima. Tetapi yang menang juga jangan sampai arogan. Calon yang kalah harus berani menyampaikan selamat untuk pemenang, sehingga masing-masing pendukung juga merasa nyaman dan tenang,” katanya.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.