Beranda Nasional Dirjen Akbar Hadi: Petugas Lapas Masih Gampang Tergoda

Dirjen Akbar Hadi: Petugas Lapas Masih Gampang Tergoda

140
0
Sebarkan
Lapas sukamiskin
Lapas sukamiskin

Jakarta, sewarga.com – Juru Bicara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Akbar Hadi, mengakui bahwa mental petugas lapas yang ada saat ini masih lemah. Kondisi itu diperparah dengan banyaknya napi kaya yang masuk penjara.

“Petugas kami masih lemah,” kata Akbar saat diskusi bertajuk ‘Bebas Lepas di Lapas” di Jakarta, Sabtu (26/9/2015).

Menurut Akbar, tidak jarang para napi kaya memberikan godaan kepada petugas. Jika di level atasan godaan itu tidak berhasil, maka godaan tersebut akan diturunkan di level bawahan. Ia menambahkan, dengan uang yang dimiliki, para napi kaya tersebut ingin agar mereka dapat leluasa keluar masuk penjara.

Oleh karena itu, menurut dia, pemiskinan terhadap napi kaya merupakan salah satu jalan untuk meminimalisasi terulangnya peristiwa mudahnya napi keluar dari tahanan.

“Kalau tidak dimiskinkan, petugas kami jadi korban juga. Sementara petugas kami berhadapan 24 jam dan berlangsung terus-menerus dengan mereka,” ujarnya.

Akbar mengaku, komitmen petugas untuk menjalankan tugasnya dengan baik masih minim. Sejumlah upaya untuk meningkatkan komitmen tersebut, misalnya memberikan pelatihan kepada mereka, terbentur persoalan anggaran.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.