Beranda Teknologi China Buat ‘OS Neokylin’ Tiruan Windows XP

China Buat ‘OS Neokylin’ Tiruan Windows XP

116
0
Sebarkan

[embedyt]http://www.youtube.com/watch?v=Z9T39O4CHzo[/embedyt]

Jakarta, sewarga.com Pemerintah China berencana untuk berhenti menggunakan sistem operasi Windows dan menggunakan OS sendiri. Sebuah piranti lunak pun dibangun dengan sebutan NeoKylin.

Kendati ingin terbebas dari ketergantungan Windows, tapi tampaknya China tak bisa melepaskan diri dari Windows XP. Buktinya, NeoKylin punya tampilan sangat mirip dengan OS paling populer milik Microsoft tersebut.

Tak cuma mirip dari sisi antarmuka saja, malahan dari hasil pengujian NeoKylin ditemukan beberapa ikon yang sangat identik dengan Windows XP, sebut saja folder, Recyele Bin dan banyak lagi.

Menariknya lagi, aplikasi Office di Windows XP pun ditiru oleh China untuk dimasukkan ke NeoKylin. Word, Excel dan PowerPoint seolah hanya diubah namanya melalui sistemoperasi ini.

Tentu ada alasan mengapa China begitu bernafsu meninggalkan Windows XP. Di negara Tirai Bambu itu, sistem operasi tersebut menguasai 27 persen personal komputer (PC) pada tahun 2014.

Apalagi diketahui, Windows XP sejak beberapa tahun lalu sudah dihentikan dukungannya oleh Microsoft.

Saat ini, OS NeoKylin akan dijual secara bundling di beberapa vendor laptop. Salah satunya adalah Dell. Malahan, 40 persen PC Dell saat ini sudah menggunakan sistem operasi ‘Windows XP ala China’ tersebut.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.