Beranda Politik Fraksi Gerindra Minta Menag Audit Pelaksaan Haji

Fraksi Gerindra Minta Menag Audit Pelaksaan Haji

106
0
Sebarkan
Ahmad Muzani
Ahmad Muzani

Jakarta – Ketua Fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani meminta Kementerian Agama (Kemag) dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) untuk segera melakukan audit pelaksanaan haji menyusul korban jiwa warga Indonesia pada Tragedi Mina dan 225 haji Indonesia belum kembali ke kamp sejak tragedi itu terjadi.

“Kementerian Agama dan Kementerian Luar Negeri harus segera melakukan audit. Itu penting untuk menjelaskan tentang jemaah haji Indonesia yang nyelonong padahal bukan waktunya melakukan jamrah. Itu artinya ada aparat kita yang lengah,” kata Muzani di Jakarta, Minggu (27/9).

Ia menegaskan audit terhadap sistem pelaksanaan haji dan Tragedi Mina yang menewaskan 700-an orang itu harus dilakukan tanpa menunggu selesainya ibadah haji.

“Tentu saja, kalau dalam audit ada kesalahan dari ketua rombongan, ketua regu dan sebagainya, dari audit akan terlihat seberapa besar kesalahannya,” kata Muzani.

Muzani yakin Tragedi Mina tidak akan menghalangi niat masyarakat memenuhi panggilan Allah SWT.

“Tidak ada korelasinya untuk mengurangi kuota haji kita karena antrean jamaah saat ini sangat panjang, bahkan tahun depan lebih banyak. Yang paling penting, dari kasus ini, mari merapikan struktur kita, tentunya audit itu menyempurnakan yang kurang,” demikian Muzani.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.