Beranda Nasional Jokowi Wajibkan Perusahaan Pengelola Lahan Gambut‎ Sediakan Embung

Jokowi Wajibkan Perusahaan Pengelola Lahan Gambut‎ Sediakan Embung

60
0
Sebarkan
presiden joko widodo
presiden joko widodo

Jakarta, sewarga.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengubah tata kelola lahan gambut.

Presiden Jokowi menyatakan, setiap perusahaan pengelola lahan gambut wajib membuat embung untuk memudahkan proses pemadaman disaat terjadi kebakaran di ‎lahan gambut.

“Saya menginstruksikan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta Pemerintah Daerah agar mewajibkan perusahaan pemegang hak pengelolaan lahan gambut membangun embung yang bisa dimanfaatkan untuk perendaman (rewetting) tanah gambut,” kata Presiden Jokowi melalui keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Minggu (27/9).

‎Presiden Jokowi mengatakan, kebakaran di lahan gambut terjadi setiap tahun. Kondisi ini dikatakannya telah seperti bencana musiman yang selalu muncul setiap tahun karena buruknya tata kelola lahan gambut.

‎”Tata kelola lahan gambut yang buruk segera diperbaiki,” kata dia.

Menurut Presiden Jokowi, langkah darurat penanggulangan kebakaran di lahan gambut harus cepat dilakukan. Salah satunya dengan merendam lahan gambut agar tidak kering dan mudah terbakar.

Dikatakan, langkah konkret untuk mengatasi darurat kebakaran lahan gambut dengan membangun embung air sudah dilakukan di Kalimantan Tengah.

Ketersediaan air di sekitar lahan gambut sangat diperlukan, apabila terjadi kebakaran mesin pompa air langsung bisa bekerja memadamkan titik api dengan cepat.

“Komitmen untuk menindak tegas pembakar hutan yang sudah menyengsarakan harus didukung oleh semua pihak. Pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat harus bersatu padu, bekerja bersama untuk menuntaskan upaya penanggulangan kebakaran lahan ini,” kata Jokowi.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.