Beranda Nasional Lima Tahun Pimpin Surabaya, ini Kata Risma

Lima Tahun Pimpin Surabaya, ini Kata Risma

79
0
Sebarkan

1801394risma2780x390Surabaya – Kota Surabaya dibawah tangan dingin Wali Kota Tri Rismaharini mencatat banyak perubahan dan penghargaan. Program dan target yang dipatok banyak yang terpenuhi.

Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya¬† yang ditarget 82,32 persen mampu tembus 94,76 persen. “Jika sesuai RPJPM, pencapaian yang kita capai selama 5 tahun saya lebih dari target yang kita canangkan sendiri,” terang Risma di rumah dinas Walikota Surabaya, Minggu (27/9/2015).

Dan hingga September 2015, perolehan pajak daerah mencapai 76,32 persen atau rata rata perbulan sebesar 8 persen. “Kita diatas target yang ditetapkan,” imbuh Risma didampingi Wakil Wali Kota Whisnu Sakti Buana.

Sedangkan bidang restribusi mencapai 94 persen. Menurutnya belanja daerah kota yang dipimpinnya menempati urutan keenam tertinggi di Jawa Timur sebesar 50 persen.

“Hampir Rp 1,5 triliun belanja untuk konstruksi,” lanjut Risma.

Ia juga tidak mengelak di akhir masa jabatannya masih menyisakan beberapa permasalahn diantaranya Pasar Turi dan dirinya sudah berkirim surat ke Mahkamah Agung untuk menyelesaikannya.

“Ada juga BPJS yang masih belum jelas berapa minimal dan maksimalnya. Makanya, saya perintahkan ke Dinas Kesehatan jika ada yang belum di cover BPJS bisa di cover menggunakan APBD,” tegas Risma.

Bidang pendidikan, salah satunya PAUD yang tak bisa mendapatkan dana bantuan operasional daerah karena terkendala dengan badan hukum. Ia pun mengupayakan ke KemenkumHAM untuk membantu percepatan proses hukum agar bisa segera mempunyai badan hukum.

“Yang paling membanggakan, hampir seluruh sektor mulai dari tenaga sampai ke persoalan disabilitas. Surabaya ini unggul di seluruh Indonesia, salah satu contohnya, seluruh program dan aplikasi dikerjakan sendiri oleh staf pemerintah kota, jadi bisa hemat karena biasanya menjadi pekerjaan para konsultan,” jelasnya.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.