Beranda Internasional Lobi Hotel Gawharatal Jawardi di Mekkah Kebakaran, 700 Jemaah Haji RI Dievakuasi

Lobi Hotel Gawharatal Jawardi di Mekkah Kebakaran, 700 Jemaah Haji RI Dievakuasi

224
0
Sebarkan

KKorban-Minaaass-4 Jakarta, sewarga.com – Hotel Gawharatal Jawardi Mekkah mengalami kebakaran pada bagian lobi, Minggu siang (27/9). Hotel itu dihuni sekitar 700 jemaah haji asal Indonesia. Seluruh jemaah lantas dievakuasi melalui pintu darurat di sisi kiri hotel.

Ahmad, Pelaksana Perumahan Daerah Kerja Mekkah, seperti dilansir portal resmi Kementerian Agama RI, kemenag.go.id, menyatakan pemilik hotel menyebut api bersumber dari arus pendek pada mesin pemadam kebakaran di belakang resepsionis

Tim pemadam kebakaran tiba di lokasi cukup cepat, sementara jemaah dievakuasi ke hotel lain yang berada sekitar 100 meter dari Hotel Gawharatal Jawar. Satu jemaah yang sedang sakit dibawa ambulans ke klinik setempat.

Saat lobi terbakar, alarm di hotel itu berbunyi. Alarm itu antara lain didengar oleh salah satu jemaah yang sedang bersiap salat zuhur, Hayin Aulina. Namun semula ia menganggap bunyi alarm itu biasa aja.

“Bunyi alarm dianggap biasa karena memang alarm suka berbunyi disebabkan ada orang merokok. Tapi kemudian  ada yang menggedor pintu dan mennyuruh keluar untuk mengungsi,” kata dia.

Saat para jemaah dievakuasi, asap telah memenuhi lobi hotel. Di sepanjang jalan depan hotel itu terparkir antara lain tiga truk tanki air pemadam kebakaran, dua blower raksasa penyedot asap, dua mobile crane, dan tiga ambulans.

Asap di lobi hotel akhirnya berhasil disedot dalam 30 menit, dan api berhasil dipadamkan.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.