Beranda Internasional PBB: 10 Juta Orang di Irak Butuh Bantuan Kemanusiaan

PBB: 10 Juta Orang di Irak Butuh Bantuan Kemanusiaan

507
0
Sebarkan

Markas-besar-PBB-di-New-YorkNew York, sewarga.com – Juru Bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan, jika sebanyak 10 juta orang di Irak, termasuk orang yang rentan di berbagai daerah yang saat ini dikuasai oleh Negara Islam (IS), akan memerlukan bantuan kemanusiaan sampai akhir 2015.

Sebanyak 3,2 juta orang di Irak telah meninggalkan rumah mereka dalam beberapa gelombang pengungsian di dalam negeri sejak Januari 2014.

Mengutip Xinhua, Dujarric dalam taklimat harian di Marka Besar PBB di New York mengatan, tak kurang dari 8,6 juta orang memerlukan dukungan kemanusiaan.

“Krisis telah meningkat sejak tahun lalu. Kolera telah menyebar, layanan dasar tak berfungsi, dan jatah makanan serta pasokan air telah merosot, sebagian karena kurangnya dukungan donor,” katanya.

Rencana Tanggap Kemanusiaan PBB yang meminta sebanyak US$500 juta, hanya 40 persen didanai.

Petempur IS menyerbu Irak Utara pada Juni lalu, tapi gerak maju mereka dihambat oleh anggota milisi Syiah dan petempur peshmerga Kurdi, yang didukung oleh serangan udara pimpinan AS.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.