Beranda Internasional Perangi ISIS, Irak Kerja Sama dengan Rusia, Suriah dan Iran

Perangi ISIS, Irak Kerja Sama dengan Rusia, Suriah dan Iran

270
0
Sebarkan
rak mengumumkan kerja sama intelijen dan militer dengan Rusia, Iran dan Suriah untuk melawan ancaman kelompok militan ISIS di ibu kota Baghdad. (Reuters/Alaa Al-Marjani)
rak mengumumkan kerja sama intelijen dan militer dengan Rusia, Iran dan Suriah untuk melawan ancaman kelompok militan ISIS di ibu kota Baghdad. (Reuters/Alaa Al-Marjani)

Jakarta, sewarga.com – Komando operasi gabungan militer Irak mengumumkan pada Sabtu (26/9) bahwa para pejabat militernya terlibat dalam kerja sama intelijen dan militer dengan Rusia, Iran dan Suriah untuk melawan ancaman dari kelompok militan di ibu kota Baghdad.

Dilaporkan Reuters, Irak menyatakan bahwa kerja sama itu terjadi “menyusul meningkatnya kekhawatiran Rusia soal ribuan warganya yang memutuskan bergabung bersama Daesh,” atau sebutan untuk ISIS.

Kerja sama ini dinilai dapat memberikan keleluasaan bagi Moskow untuk menyebarkan pengaruhnya di kawasan Timur Tengah. Beberapa pekan terkahir, Rusia dikabarkan meningkatkan keterlibatan militernya di Suriah.

Selain itu, Damaskus juga meminta diikutsertakan dalam upaya internasional untuk memerangi ISIS. Permintaan ini ditolak Washington.

Kerja sama ini juga dinilai akan mendapat tanggapan dingin dari Washington yang tengah menerapkan sejumlah sangsi terhadap Moskow akibat pencaplokan Krimea dan peran Rusia dalam upaya pemberontakan di Ukraina timur.

Selain itu, Iran juga dinilai akan meningkatkan pengaruhnya melalui sekutu milisi Syiah di Irak, terutama ketika AS sudah menarik pasukannya dari Irak.

Para pejabat Barat menyatakan bahwa Menteri Luar Negeri AS, John Kerry ingin meluncurkan upaya baru pada Sidang Umum PBB pekan ini untuk menemukan solusi politik bagi konflik empat tahun di Suriah.

Solusi politik dinilai penting dalam menanggapi meningkatnya keterlibatan militer Rusia dan Suriah dan membanjirnya pengungsi Suriah di Eropa beberapa bulan terakhir.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.