Beranda Internasional Putin Tuduh AS “Memperkuat” IS

Putin Tuduh AS “Memperkuat” IS

64
0
Sebarkan

obama-putin-betterWashington, sewarga.com – Presiden Rusia Vladimir Putin secara tidak langsung menuding Amerika Serikat berada di balik pemberontak Islamic State (IS). Putin mengatakan bahwa bantuan pelatihan militer yang diberikan AS kepada pemberontak Suriah adalah ilegal dan tidak efektiif, malah para pemberontak tersebut kemudian bergabung dengan IS dan membawa persenjataan yang disediakan oleh AS.

Dalam sebuah wawancara dengan media-media AS hari ini sebelum pertemuan dengan Presiden AS Barack Obama besok, Putin mengatakan Presiden Suriah Bashar al-Assad pantas mendapatkan bantuan internasional karena dia memerangi organisasi teroris.

Obama dan Putin dijadwalkan mmengadakan pertemuan hari Senin besok, setelah Putin menyampaikan pidato kepada PBB. Agenda pertemuan Obama dan Putin masih simpang siur karena belum diketahui agenda apa yang akan menjadi topik pertemuan.

“Dalam pendapat saya, menyediakan bantuan militer kepada struktur ilegal berlawanan dengan prinsip hukum internasional moderen dan Piagam PBB,” kata Putin kepada CBS dan PBS.

AS menuduh Rusia meningkatkan keterlibatan militernya di Suriah dalam beberapa pekan terakhir dengan cara mengirimkan persenjataan seperti pesawat tempur, tank, dll untuk membantu pasukan pemerintah Suriah.

Putin berbalik mengkritik rencana AS melatih 5.400 pemberontak Suriah untuk melawan IS.

“Ternyata hanya 60 pemberontak yang mendapat pelatihan dan hanya sekitar empat-lima orang yang dipersenjatai. Sisanya bergabung dengan IS,” kata Putin.

Krisis Suriah telah menelan korban sekitar 250.000 orang sejak konflik berawal ssekitar empat tahun lalu.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.