Sebarkan
Reuters  Xi Jinping berfoto bersama dengan petinggi perusahaan TI asal AS dan China
Reuters
Xi Jinping berfoto bersama dengan petinggi perusahaan TI asal AS dan China

sewarga.com – Sebuah foto bisa bermakna ribuan kata. Pada kunjungan resmi pertama Presiden China Xi Jinping ke Amerika Serikat pekan ini, sebuah foto yang terbidik dan tersebar bernilai 2,5 triliun dollar AS atau sekitar Rp 36.000 triliun.

Nilai itu tak mengindikasikan harga jual selembar foto yang dimaksud. Melainkan, nilai saham gabungan seluruh perusahaan teknologi yang pimpinannya berpose dalam foto.

Terlihat dari foto di atas, ada 30 pimpinan perusahaan teknologi AS dan China yang berdiri bersama Presiden Xi. Di barisan depan ada Presiden Xi berdampingan dengan pemimpin Facebook, JD.com, Cisco, Alibaba, IBM, Microsoft, Internet Czar, Apple, Tencent dan Amazon.

Dilansir KompasTekno, Jumat (25/9/2015) dari Forbes, nilai saham gabungan seluruh perusahaan perwakilan di barisan terdepan sudah bernilai 2,1 triliun dollar AS.

CEO Facebook Mark Zuckerberg tak tahan untuk menuliskan kesenangannya bertemu sang presiden Negeri Ginseng. “Ini adalah kali pertama saya bisa berbincang dengan pemimpin negara lain dalam bahasa asing. Ini adalah pencapaian personal,” kata dia di akun Facebook pribadinya.

Zuckerberg memang bisa berbahasa Mandarin. Sebab istrinya Pricilla Chan adalah perempuan Tionghoa. “Suatu kehormatan bertemu dengan Presiden Xi dan pimpinan lainnya,” Zuckerberg menambahkan.

Adapun pada baris kedua tampak antara lain pemimpin Sohu, AMD, Lenovo, Qualcomm, CETC, Intel, Qihoo 360, LinkedIn dan Sina. Sementara di baris terakhir ada pemimpin Sugon, Didi Kuaidi, Broadband Capital, CEC, Baidu dan Airbnb. Dari semua wajah, tak tampak satupun petinggi Google.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.