Beranda Nasional Mendagri: Ada Kades Belum Laksanakan Program Desa

Mendagri: Ada Kades Belum Laksanakan Program Desa

58
0
Sebarkan

192543420150204-121818780x390Jakarta, sewarga.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut sejumlah kepala desa (kades) belum melaksanakan program desa, padahal dana desa telah disalurkan. Menurut Tjahjo, pelaksanaan dan penyerapan dana desa sangat penting demi meningkatkan pertumbuhan dan pergerakan ekonomi desa.

“Walaupun dana desa sudah sampai ke desa, ada kades belum melaksanakan program desanya. Ini yang sekarang jadi masalah utama,” kata Tjahjo tanpa menyebut kades yang dimaksud, Senin (28/9).

Dia menyatakan, jajaran Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Binpemdes) bakal diterjunkan langsung ke provinsi dalam rangka koordinasi terkait implementasi dana desa. “Perintah saya kepada Dirjen (direktur jenderal) Binpemdes agar menugaskan eselon 2 dan 3, turun ke provinsi dan koordinasi perangkat provinsi urusan desa serta pejabat desa di pemerintah kabupaten/ kota se-Indonesia untuk menggerakkan aparat desa ini,” tegasnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga telah mengirimkan radiogram kepada bupati/wali kota untuk mempercepat pencairan dana desa secara penuh serta tidak bertahap. “Monitor seluruh desa di wilayahnya, hal ini untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan dengan tanggung jawab penuh para bupati/ wali kota. Juklak (petunjuk pelaksana) dan juknis (petunjuk teknis) dari kepala daerah harus dibuat sederhana,” imbuh mantan Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Dia menuturkan, pihaknya percaya penuh kepada seluruh kepala daerah untuk secepatnya membangun desa. “Dana desa yang sudah turun mesti secepatnya direalisasikan sesuai petunjuk dari Kemdes. Prinsipnya kita membutuhkan penyerapan yang cepat dan pelaksanaan program dana desa sebagaimana petunjuk Kemdes,” tuturnya.

Sementara itu, Dirjen Binpemdes Nata Irawan menyatakan, dirinya dan jajaran Binpemdes masih perlu melakukan penelusuran terlebih dahulu menyangkut banyaknya program desa yang belum terlaksana. “Belum tahu apa alasannya. Kami akan segera kumpulkan tim. Semoga dalam beberapa hari ke depan sudah selesai,” kata Nata.

Dia menuturkan, tim dari Kemdagri dalam waktu dekat memang akan turun ke daerah-daerah. Hal ini, lanjutnya, sejalan dengan perintah Mendagri.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.