Beranda Politik Demokrat Hormati Putusan MK soal Calon Tunggal

Demokrat Hormati Putusan MK soal Calon Tunggal

120
0
Sebarkan

tum.phpJakarta, sewarga.com – Partai Demokrat menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal referendum calon tunggal dalam pelaksanaan pilkada serentak pada tanggal 9 Desember mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta buat peraturan pelaksanaan.

Demikian diungkap oleh Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat (PD) DR Hinca Panjaitan saat dihubungi di Jakarta, Selasa (29/9).

“Partai Demokrat hormati putusan MK soal calon tunggal itu,” kata Hinca.

Tindak lanjut dari itu, sambung Hinca, Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pilkada harus segera menyikapi putusan ini dengan membuat peraturan pelaksanaan di lapangan.

“KPU harus buatkan peraturan pelaksaan soal calon tunggal ini yang tidak diatur dalam UU Pilkada,” kata Hinca.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi II Lukman Edy mengatakan jika Komisi II berencana untuk merevisi UU Pilkada sebelum akhir tahun 2015 ini, sebagai persiapan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2017 mendatang.

Diketahui, dalam amar putusannya MK mengatakan pasal yang mengatur syarat minimal dua pasangan calon untuk ikut Pilkada bertentangan dengan Undang-undang Dasar 1945.

Dalam pertimbangannya, MK menilai perumusan norma UU 8/2015, yang mengharuskan adanya lebih dari satu pasangan calon tidak memberikan solusi, yang menyebabkan kekosongan hukum.

Hal itu dapat berakibat pada tidak dapat diselenggarakannya pilkada. Sehingga, syarat mengenai jumlah pasangan calon berpotensi mengancam kedaulatan dan hak rakyat untuk memilih.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.