Beranda Nasional Oktober, KPUD Bengkulu Umumkan DPT Pilkada

Oktober, KPUD Bengkulu Umumkan DPT Pilkada

112
0
Sebarkan
 Ilustrasi pilkada
Ilustrasi pilkada

Bengkulu, sewarga.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bengkulu, bakal menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPD) menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilkada serentak, paling lambat awal Oktober mendatang.

“Kami akan menetapkan DPT pilkada 9 Desember 2015 pada awal Oktober nanti. Sekarang kami masih melakukan verifikasi DPS di setiap kabupaten dan kota di Bengkulu,” kata anggota KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto kepada SP, di Bengkulu, Selasa (29/9).

Ia mengatakan, verifikasi faktual DPS diperkirakan akan selesai pada September ini. “Sekarang KPU kabupaten dan kota sedang bekerja untuk menuntaskan verifikasi DPS, kita targetkan dalam dua hari ke depan tuntas,” ujarnya.

Setelah KPU tuntas melakukan verifikasi DPS, maka segera menggelar rapat pleno untuk mengesahkan DPS menjadi DPT Pilkada Desember 2015 mendatang.

“Kami berusaha semaksimal mungkin DPT pilkada valid dan akurat, sehingga semua warga Bengkulu berusia 17 tahun keatas tercatat sebagai pemilih pada pilkada nanti,” ujarnya.

Eko menambahkan, warga yang belum terdaftar di DPS, masih ada kesempatan untuk masuk dalam DPT pilkada agar segera melapor ke penyelenggara Pemilu seperti Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau bisa langsung mendatangi KPU kabuten/kota setempat.

“Kami berharap masyarakat berperan aktif agar mereka masuk DPT pilkada gubernur dan bupati, sehingga tidak kehilangan hak politik pada pilkada 9 Desember mendatang,” ujarnya.

Seperti diketahui, DPS Pilkada Bengkulu tercatat sebanyak 1,4 juta jiwa. DPS sebanyak ini tersebar di 10 kabupaten dan kota. Namun, DPS setelah ditetapkan menjadi DPT bisa berkurang atau bertambah bergantung dari hasil verifikasi petugas di lapangan.

“Bisa saja dalam verifikasi faktual di lapangan ditemukan ada nama ganda, orang sudah meninggal dan pindah ke luar Bengkulu, tapi masih masuk dalam DPS,” ujarnya.

Data seperti ini, kata Eko akan dibersihkan saat verifikasi faktual, sehingga DPS disahkan menjadi DPT menjadi akurat dan valid. Artinya, warga yang masuk DPT benar-benar memenuhi syarat sebagai pemilih.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.