Beranda Politik 30 September Ini, Perubahan Harga BBM Umumkan

30 September Ini, Perubahan Harga BBM Umumkan

252
0
Sebarkan
Petugas mengisi bahan bakar minyak di salah satu SPBU di Jakarta,
Petugas mengisi bahan bakar minyak di salah satu SPBU di Jakarta

Jakarta, sewarga.com – Jajaran Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Rabu (30/9/2015) ini akan melakukan rapat evaluasi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk periode Oktober 2015.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, setelah beberapa bulan tidak mengalami perubahan harga, instansinya akan melakukan evaluasi harga BBM dengan melihat patokan harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah.

Dengan adanya evaluasi tersebut, Kementerian ESDM akan mengumumkan perubahan harga BBM untuk periode Oktober 2015 nanti. “Hasil analisis akan disampaikan kepada Menteri ESDM Sudirman Said, dan setelah itu akan diumumkan,” kata Wirat, di Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Wirat mengungkapkan, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi telah memiliki banyak analisis terhadap perkembangan harga minyak dunia yang dijadikan dasar pembentukan harga BBM, analisis tersebut akan ditentukan hari ini.¬†“Kan analisis ada banyak. Tapi yang mana kan kami belum tahu,” tutur Wirat.

Untuk diketahui, saat ini pemerintah mematork harga BBM untuk jenis Premium di wilayah penugasan atau di luar Jawa dan Bali di angka Rp 7.300 per liter. Sedangkan untuk di luar wilayah penugasan yaitu Jawa dan Bali ada di level Rp 7.400 per liter.

Untuk harga solar ada di angka Rp 7.900 per liter namun pemerintah memberikan subsidi tetap sebesar Rp 1.000 per liter sehingga harga solar di pasaran menjadi Rp 6.900 per liter.

Sedangkan harga minyak dunia sendiri pada September ini rata-rata di angka US$ 40 per barel. Harga tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan periode Juni 2014 lalu yang masih di atas angka US$ 100 per barel. Penurunan harga minyak dunia ini terjadi karena berlimpahnya pasokan minyak mentah di dunia.

Patokan pembentukan harga BBM lain yaitu nilai tukar rupiah mengalami penurunan yang cukup tajam. Mengutip kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), nilai tukar rupiah melemah menjadi 14.728 per dolar AS pada perdagangan Selasa kemarin dibanding perdagangan Senin yang berada di level 14.696 per dolar AS. (Pew/Gdn)


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.