Beranda Ekonomi Harga Minyak Dunia Menguat Menyusul Stabilnya Pasar Saham

Harga Minyak Dunia Menguat Menyusul Stabilnya Pasar Saham

88
0
Sebarkan
Ilustrasi kilang minyak dan gas (migas)
Ilustrasi kilang minyak dan gas (migas)

New York, sewarga.com – Harga minyak dunia pada perdagangan Selasa waktu Amerika Serikat (AS) atau Rabu pagi WIB (30/9) menguat karena diuntungkan membaiknya prospek komoditas karena saham raksasa pertambangan Glencore naik dan pasar ekuitas (saham) stabil.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November, naik 80 sen menjadi berakhir US$ 45,23 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara patokan Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman November, bertambah 89 sen menjadi US$ 48,23 per barel di perdagangan London.

Pada perdagangan Senin, harga minyak global tergerus sejalan terkoreksinya bursa saham AS dan Eropa setelah data industri Tiongkok melemah sehingga menimbulkan kekhawatiran baru soal prospek ekonomi terbesar kedua dunia itu.

Salah satu pemicu pelemahan bursa global adalah saham raksasa pertambangan Swiss Glencore anjlok 29 persen karena analis mempertanyakan prospek perusahaan mengingat tingginya beban utang. Namun pada perdagangan Selasa, saham Glencore menguat setelah perusahaan mengatakan bisnisnya secara operasional dan finansial kuat. Glencore juga tidak kesulitan menghadapi masalah beban utang.

Sementara harga tembaga naik untuk pertama kalinya dalam enam hari dan bursa saham AS semalam sepanjang hari di wilayah positif. “Situasi Glencore telah stabil,” kata Kepala strategi komoditas TD Securities, Bart Melek.

Analis mengatakan para pedagang sedang menunggu laporan persediaan minyak AS pada Rabu yang diperkirakan lebih rendah karena antisipasi penurunan produksi minyak mentah AS.

Para analis memperkirakan pergerakan harga di pasar minyak tetap berfluktuasi. “Harga sangat volatile dari hari ke hari, sepertinya harga sulit meningkat katena kelebihan pasokan. Namun harga minyak juga tidak akan terlalu melemah mengingat ketidakseimbangan di tengah permintaan yang kuat,” kata analis ClipperData, Matt Smith.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.