Beranda Nasional Komisi VI Pastikan Tak Ada Perubahan Permendag Minuman Beralkohol

Komisi VI Pastikan Tak Ada Perubahan Permendag Minuman Beralkohol

76
0
Sebarkan
Petugas memeriksa kadar alkohol minuman saat menggelar razia minuman beralkohol di sebuah minimarket di Kota Madiun, Jatim, Jumat (30/1). (Antara/Fikri Yusuf)
Petugas memeriksa kadar alkohol minuman saat menggelar razia minuman beralkohol di sebuah minimarket di Kota Madiun, Jatim, Jumat (30/1). (Antara/Fikri Yusuf)

Jakarta, sewarga.com – Ketua Komisi VI DPR RI Hafisz Thohir menegaskan, tidak ada perubahan aturan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) larangan penjualan minuman beralkohol (minol) di tempat umum. Permendag itu dinilainya sudah cukup bagus untuk mengontrol peredaran minuman beralkohol.

“Kalau pun ada perubahan di lapangan itu hanya inisiatif. Mendag (Thomas) Lembong juga menyatakan tak ada perubahan Permedag tentang itu (peredaran minuman beralkohol),” ujar Hafizs di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/9).

Menurutnya, sekalipun di beberapa daerah akan muncul reaksi yang beragam terkait tidak diperbolehkannya minol dijual di tempat umum namun peraturan harus lebih menitikberatkan soal moral generasi muda yang terkena dampak.

“Walaupun beberapa daerah mengeluh pendapatan asli daerah (PAD) akan turun, kami melihat mental generasi muda lebih mahal ketimbang PAD,” imbuhnya.

Menteri Perdagangan sebelumnya, Rachmat Gobel mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol. Aturan tersebut melarang penjualan minuman kadar alkohol tinggi di minimarket. Alasannya, konsumsi alkohol bisa menyebabkan keresahan sosial.

Atas keputusan itu, sejumlah daerah mengajukan protes, terutama daerah-daerah yang menjadi tujuan wisata warga asing. Mereka merasa dengan adanya kebijakan tersebut maka akan terjadi penurunan pada jumlah penjualan minuman beralkohol.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.