Beranda Nasional Oesman Sapta: Pembunuh ‘Salim Kancil’ Pantas Dihukum Mati

Oesman Sapta: Pembunuh ‘Salim Kancil’ Pantas Dihukum Mati

426
0
Sebarkan
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang

Jakarta, sewarga.com – Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang geram dengan kasus pembunuhan aktivis yang juga petani penolak penambang pasir, Salim Kancil, di Lumajang, Jawa Timur. Dia menilai, pembunuh Salim Kancil pantas dihukum mati.

“Sangat keji, pantas itu dihukum mati akibat perbuatannya membunuh Salim Kancil,” kata Oesman Sapta di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Dia menegaskan, kepolisian harus segera mengusut tuntas dan menemukan para pembunuh Salim Kancil. Menurut dia, tidak menutup kemungkinan ada aktor dibalik penganiayaan dan pembunuhan tersebut.

“Kita kan negara hukum, ya hukum harus ditegakkan dong apalagi penyiksaan seperti itu. Itu kan bertentangan dengan hukum kita,” tegas dia.

Oesman Sapta mengaku heran ada orang Indonesia yang bisa berbuat tidak berprikemanusiaan dengan menyiksa Salim Kancil hingga meninggal dunia.

“Iya kok tega-teganya orang-orang ini. Pokoknya Polisi harus bertindak tegas usut semuanya. Itu jelas-jelas tindakan yang tidak dapat diterima,” ucap Anggota DPD ini.

Salim adalah korban tewas dibunuh oleh belasan hingga puluhan orang pada Sabtu (26/9) sesaat sebelum demo penolakan tambang pasir di Desa Selo Awar-Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Dalam peristiwa itu, puluhan warga pro penambangan pasir mengeroyok dua orang, yaitu Tosan dan Salim.

Salim tewas dengan kondisi memprihatinkan, yaitu luka bacok dan luka di berbagai bagian tubuh, dan dengan posisi tangan terikat. Adapun Tosan mengalami luka serius dan kini dirawat intensif di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Keduanya adalah aktivis penolak tambang di Selo Awar-Awar.

Hingga kini Kepolisian Resor Lumajang terus menyelidiki kasus tersebut. Sebanyak 40 orang sudah dimintai keterangan dan 18 orang di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Keluarga dan teman Salim berharap otak pembunuhan Salim terungkap. Mereka ingin hukum ditegakkan seadil-adilnya untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.