Beranda Hiburan Olga Lydia: Tembus Festival Internasional, Film Indonesia Harus Jeli Cari Isu

Olga Lydia: Tembus Festival Internasional, Film Indonesia Harus Jeli Cari Isu

612
0
Sebarkan
olga lidya
olga lidya

Jakakrta, sewarga.com – Aktris Olga Lydia makin aktif menggeluti dunia perfilman. Baru-baru ini, Olga dipercaya menjadi ketua pelaksana Festival Film Indonesia (FFI) 2015. Dengan memegang jabatan itu, Olga berharap akan lebih banyak film Indonesia yang masuk dalam festival film di luar negeri.

Olga menyebut film A Copy Of My Mind karya Joko Anwar adalah salah satu film yang sukses menembus Venice Film Festival. Film itu, lanjut Olga, juga sempat mampir ke Festival Film Toronto dan selanjutnya akan bertarung di Festival Film Busan, Korea.

“Tahun ini, A Copy of My Mind dari Joko Anwar menjadi finalis di Venice Film Festival. Itu festival film tertua di dunia. Itu film Indonesia pertama yang masuk kompetisi dan menjadi finalis,” kata Olga yang ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut Olga, harus lebih banyak lagi sineas yang bisa memutar filmnya di festival tingkat dunia. Olga menyebutkan, para sineas harus jeli dengan isu yang disuka orang asing. Olga memberikan contoh isu yang kurang menarik perhatian penonton luar negeri adalah terkait perbedaan agama.

“Isu tentang beda agama, buat orang asing enggak menarik. Kita harus membuat isu yang punya warna tersendiri dan berbeda-beda untuk di setiap festival internasional,” terang Olga.

Tak kalah penting untuk dilakukan, kata Olga, adalah mengajak pihak asing untuk menjadikan Indonesia sebagai lokasi pengambilan gambar. Hal itu, kata Olga, merupakan media promosi yang palling murah.

“Kalau mereka (sineas) datang, akan banyak kru Indonesia yang dipekerjakan. Akan ada terjadi transfer ilmu,” tutur Olga.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.