Beranda Politik Politikus Golkar Minta Otoritas Fiskal dan Moneter Pro Sektor Riil

Politikus Golkar Minta Otoritas Fiskal dan Moneter Pro Sektor Riil

99
0
Sebarkan

900229_01562616092015_misbakhun-1Jakarta, sewarga.com – Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Golkar, M Misbakhun, menyatakan bahwa tulang punggung ekonomi adalah sektor riil. Karenanya, Otoritas Fiskal dan Otoritas Moneter harus bersama-sama membuat kebijakan yang pro sektor riil dalam negeri.

“Dunia usaha dalam situasi ekonomi yang sulit seperti saat ini memang justru harus mendapatkan banyak kemudahan dan insentif supaya kelangsungan usaha bisa terjaga dengan baik. Pekerja swasta harus tetap bekerja. Pabrik harus tetap berjalan tanpa harus melakukan PHK,” ujar Misbakhun, Rabu (30/9).

“Dunia usaha pada saat ini sangat butuh pengertian dan pemahaman semua pihak perlunya insentif tersebut.”

Dia menilai Pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan seperti penurunan corporate tax rate. Sementara BI bisa melaksanakan penurunan BI Rate.

Selain itu, Misbakhun juga mendorong agar ada paket kebijakan tk UMKM dan Koperasi yang dibantu likuiditasnya. “Kredit mikro untuk sektor UMKM dan Koperasi dan KUR harus tetap dikucurkan dan diberikan insentif bunga yang lebih kompetitif,” kata dia.

Pria yang menjadi Sekretaris Panja Penerimaan Negara Komisi XI DPR RI itu menambahkan, yang saat ini ditunggu adalah upaya pemerintah untuk memperbaiki daya beli masyarakat.

Salah satunya dengan menurunkan harga BBM, yang cocok dengan momentum turunnya harga minyak dunia pada kisaran US$ 40-an per barrel.

“Tentunya kebijakan penurunan harga BBM ini akan sangat ditunggu oleh masyarakat dunia usaha. Dengan turunnya harga BBM diharapkan biaya produksi akan berkurang. Harga barang di tingkat konsumen tetap bisa dijaga pada supaya dalam daya beli masyarakat,” ujarnya.

Bagi Misbakhun, belum diumumkannya penurunan harga BBM bersamaan dengan paket kebijakan ekonomi tahap II saat ini mungkin disebabkan pemerintah memerlukan koordinasi lebih menyeluruh.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.