Beranda Teknologi Sang Pembocor Rahasia AS Bergabung di Twitter

Sang Pembocor Rahasia AS Bergabung di Twitter

119
0
Sebarkan
 Edward Snowden. (REUTERS/Glenn Greenwald/Laura Poitras/Courtesy of The Guardian
Edward Snowden. (REUTERS/Glenn Greenwald/Laura Poitras/Courtesy of The Guardian

Jakarta, sewarga.com- Edward Snowden, yang selama ini dikenal sebagai pembocor rahasia intelijen Amerika Serikat (AS), akhirnya bergabung menjadi pengguna media sosial Twitter dengan mengambil alih akun @Snowden pada Selasa (29/8).

Snowden tampaknya telah mendapatkan bantuan dari Twitter untuk memperoleh akun tersebut dan akun itu juga sudah diverifikasi.

Dalam waktu kurang dari sejam, akun @Snowden mendapatkan lebih dari 80.000 pengikut. Dia hanya mengikuti satu akun, yaitu @NSAgov yang merupakan akun resmi badan intelijen Amerika Serikat, National Security Agency (NSA).

Kicauan pertama yang dilontarkan Snowden adalah, “Dapatkah Anda mendengar saya sekarang?” yang kemudian disambut oleh banyak retweet.

Pemerintah AS menganggap Snowden sebagai peretas dan pengkhianat langsung. Negara menggugatnya atas tuduhan spionase. Saat ini dia mendapatkan suaka politik di Rusia setelah kabur dari AS menuju Hong Kong.

Negara asalnya menolak mengampuni Snowden. Menurut AS, Snowden harus pulang ke negaranya dan diadili karena telah melakukan tindakan yang mengancam keamanan dalam negeri.

Kendati demikian, tindakan Snowden ini berujung pada keputusan Kongres AS awal tahun ini yang melarang pengumpulan data pribadi besar-besaran oleh pemerintah. Pemerintah AS pada Juli lalu mengatakan bahwa NSA akan berhenti mengakses rekaman 29 November dan menghancurkan seluruh data penyadapan secepatnya.

Snowden mendapatkan nominasi Nobel Perdamaian dalam dua tahun berturut-turut serta meraih berbagai penghargaan internasional karena mendukung kebebasan berbicara dan kemerdekaan sipil.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.