Beranda Internasional Saudi Bantah Korban Tragedi Mina Capai 1.000 Orang

Saudi Bantah Korban Tragedi Mina Capai 1.000 Orang

125
0
Sebarkan
Arus jemaah haji yang melempar jumrah di Mina, Arab Saudi -- AFP
Arus jemaah haji yang melempar jumrah di Mina, Arab Saudi — AFP

Mekkah, sewarga.com – Pemerintah Arab Saudi membantah pernyataan para diplomat yang mengatakan bahwa korban tewas di Mina mencapai 1.000 orang. Saudi mengatakan, foto-foto korban yang menjadi dasar pernyataan diplomat itu bukan hanya meliputi tragedi Mina, tapi korban meninggal dari keseluruhan ibadah haji.

Diberitakan New York Times, Selasa (29/9), sebelumnya diplomat India dan Pakistan mengaku telah menerima 1.090 foto korban jemaah haji dalam tragedi Mina Kamis pekan lalu.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Saudi Mayjen Mansour al-Turki mengatakan foto-foto yang dikirimkan kepada para diplomat itu tidak hanya para korban tragedi Mina, tapi juga insiden crane di Mekkah dan para jemaah yang meninggal karena sebab-sebab alamiah.

Kebanyakan jemaah dalam foto itu adalah mereka yang tidak bisa diidentifikasi karena berhaji tanpa izin setelah tinggal lama di Saudi, terutama para pekerja dari negara-negara Asia Selatan.

Kementerian Kesehatan Saudi mengatakan bahwa jumlah korban tewas dalam insiden Mina masih belum berubah, yaitu 767 orang. Sebanyak 934 jemaah juga terluka saat terjadi desak-desakan di persimpangan jalan Mina itu.

Faizal Alzahrani, juru bicara Kementerian Kesehatan Saudi mengatakan data itu masih akurat. Alzahrani menegaskan, pengumuman soal data kematian hanya akan dilakukan oleh lembaga terkait, yaitu data dari Kementerian Kesehatan.

Pemerintah Saudi sementara itu telah melancarkan penyelidikan terhadap insiden Mina. Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al-Jubeir mengatakan mereka akan menangkap biang keladi insiden itu jika terbukti dalam penyelidikan peristiwa itu terjadi akibat kesalahan seseorang.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.