Beranda Nasional Ahok Pastikan Tunjangan PNS Cair Pekan Depan

Ahok Pastikan Tunjangan PNS Cair Pekan Depan

152
0
Sebarkan
 Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jumat (1/10/2015).
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jumat (1/10/2015).

Jakarta, sewarga.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memastikan tunjangan kinerja daerah (TKD) berbasis kinerja bagi pegawai negeri sipil (PNS) DKI dapat cair pekan depan.

Seperti diberitakan, TKD tersebut belum cair sejak enam bulan atau April lalu.  “Minggu depan cair. Saya sudah tanda tangan kok,” kata Basuki seusai mengikuti paripurna DPRD DKI, Kamis (1/10/2015).

Pria yang akrab disapa Ahok itu menjelaskan keterlambatan pencairan TKD berbasis kinerja ini disebabkan adanya peralihan sistem.

Awalnya sistem itu dikelola oleh tim konsultan e-budgeting atau Gagat Wahono. Kini sistem tersebut dikelola Dinas Komunikasi Informasi dan Kehumasan (Diskominfomas) DKI.

Menurut dia, keterlambatan pencairan TKD berbasis kinerja ini disebabkan karena banyak oknum PNS yang tidak benar mengisi e-TKD. “Banyak (PNS) yang isinya enggak benar. Terus ada yang pembagiannya enggak benar juga,” kata Basuki.

Sebelumnya PNS DKI baru menerima TKD berbasis kinerja pada triwulan pertama atau periode Januari-Maret. TKD berbasis kinerja ini dibayarkan tiap tiga bulan atau triwulan. Selama enam bulan atau sejak April hingga September, PNS belum menerima hak mereka.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Inspektorat DKI Lasro Marbun membenarkan TKD berbasis kinerja belum dicairkan kepada PNS. Sementara TKD berbasis presensi sudah dicairkan tiap bulan.

Ia menjelaskan ada permasalahan saat akan mencairkan TKD triwulan kedua dan ketiga. Menurut dia, tidak ada variabel yang keluar di triwulan kedua. Permasalahan yang serupa juga muncul di triwulan ketiga.

sumber: kompas.com


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.