Beranda Internasional Demi Produktivitas dan Kebahagiaan, Swedia Terapkan Kebijakan 6 Jam Kerja

Demi Produktivitas dan Kebahagiaan, Swedia Terapkan Kebijakan 6 Jam Kerja

59
0
Sebarkan
 Ilustrasi warga Swedia. (Ist)
Ilustrasi warga Swedia. (Ist)

Stockholm, sewarga.com –  Pemerintah Swedia memangkas jam kerja di negaranya dari delapan jam menjadi enam. Kebijakan tersebut diputuskan untuk meningatkan produktivitas sekeligus membuatnya warganya hidup lebih bahagia.

Menurut Science Alert, tak selamanya jam kerja yang lama berbanding lurus dengan produktivitas. Bahkan sebaliknya jam kerja yang pendek justru meningkatkan hasil dan bahagia pekerjanya. Alasan lainnya pengurangan jam kerja membuat pekerja bisa menikmati waktu sendiri atau bersama keluarganya lebih lama. Hal itu berdampak pada kinerjanya yang meningkat.

Pabrik Toyota di Gotherburg sudah menerapkan kebijakan tersebut sejak 13 tahun lalu. Hasilnya pendapatan perusahaan meningkat dan pekerjanya lebih bahagia.

Perusahaan lainnya yang baru-baru ini menerapkan enam jam kerja adalah perusahaan pengembang aplikasi Filimundus.

“Delapan jam kerja ternyata bukan durasi yang efektif untuk bekerja,” jelas CEO Filimundus, Linus Feldt, yang menerapkan kebijakan enam jam kerja dua hari lalu.

Ia menambahkan untuk fokus dengan konsentrasi atau daya tahan yang tinggi selama delapan jam adalah pekerjaan yang sangat berat. Dengan enam jam kerja, pekerja akan semangat dan punya energi yang lebih banyak untuk menghadapi hari-hari baru pekerjaannya.

“Yang saya alami sekarang adalah saya lebih fokus, punya daya tahan yang tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan, dan masih punya banyak energi untuk aktivitas setelah jam kantor,” katanya.

sumber: Independent


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.