Beranda Hiburan Rilis Album, Andre Hehanusa Bangkitkan Kembali Musik 90’an

Rilis Album, Andre Hehanusa Bangkitkan Kembali Musik 90’an

119
0
Sebarkan
 Andre Hehanusa. (Suara Pembaruan/Hendro Situmorang)
Andre Hehanusa. (Suara Pembaruan/Hendro Situmorang)

sewarga.com – Enam tahun menghilang dari industri musik Indonesia, penyanyi Andre Hehanusa akhirnya meluncurkan album terbarunya. Album yang diberi judul All About Love itu berisi sembilan lagu yang diciptakan Andre besama-sama rekan musisi lainnya.

Dalam konferensi pers yang digelar di Hard Rock Cafe, Jakarta Pusat, Rabu (30/9), Andre mengungkapkan alasannya kembali meluncurkan album. Andre bercerita kemunculan album ini adalah berkat dukungan dari anak-anaknya.

“Anak saya bilang ke saya, Ayah lagunya jangan itu-itu terus. Dia butuh kebanggaan terhadap ayahnya di saat dia remaja. Karena itu sejak November tahun lalu hingga Mei tahun ini, saya kerjakan album ini,” kata Andre.

Tak hanya atas permintaan anaknya, All About Love juga dibuat dengan sebuah misi mulia. Andre ingin kembali membangkitkan produktivitas para musisi lawas yang membawakan lagu-lagu balad era 80’an dan 90’an. Andre memiliki keyakinan bahwa musisi lawas masih bisa memproduksi lagu-lagu berkualitas sebagaimana yang mereka buat di jamannya.

“Jangan hanya repackage lagu-lagu lama saja. Dian Pramana Putra masih bisa bikin lagu. Fariz RM dari balik jeruji besi juga masih produktif. Kenapa yang lain tidak. Saya mau bangkitkan industri musik 80’an dan 90’an untuk come back. Ini adalah awal bahwa teman-teman dari jaman itu bisa tetap eksis,” terang Andre.

Didasari hal tersebut, sembilan lagu yang terdapat di All About Love mengusung genre musik balad era 80’an dan 90’an. Lagu jagoan di album ini, yaitu All About Love memiliki karakter yang persis dengan lagu-lagu Andre di masa kejayaannya.

“Produksi adalah yang paling penting. Lirik yang paling saya jaga. Demikian juga dengan musik dan aransemennya juga. Jujur, sebelum saya melempar ini (meluncurkan album baru) saya berpikir beberapa kali. Namun saya bertemu Oktaf Panggabean dari RPM (label rekaman). Berbisnis tidak selamanya karena angka tapi karena chemistry,” ujar Andre.

Menyadari dirinya terlalu lama vakum, Andre pun mensiasati momen kembalinya ia ke industri musik dengan menggandeng sejumlah selebiritas yang tengah naik daun. Aktris papan atas saat ini, Raline Shah dan fotografer muda Rio Wibowo atau Rio Motret diajak untuk mempopulerkan kembali sosok Andre.

“Raline itu megang banget sekarang. Rio juga berbakat. Supaya saya dapat penggemar baru yang banyak, maka strateginya saya ajak Raline untuk jadi model video klip lagu baru saya,” aku Andre.

Album All About Love dibanderol Rp75 ribu per kepingnya. Harga yang bisa dibilang cukup mahal untuk album penyanyi lokal. Terlebih di era digital saat ini, meluncurkan album fisik merupakan keputusan yang cukup beresiko.

Terkait hal itu, Oktaf Panggabean, produser album Andre mempunyai jawaban tersendiri. Soal harga yang tinggi, menurut Oktaf, sebagai musisi legendaris, Andre berhak mendapatkan itu. Tidak hanya itu, kualitas fisik album Andre juga pantas dihargainya Rp75 ribu.

Oktaf berpendapat Indsutri musik Indonesia belum sepenuhnya digital. Indonesia, kata Oktaf masih berada di titik pertemuan antara musik digital dan fisik. Terkait dengan album Andre inipun, Oktaf menyatakan bahwa All About Love juga akan dijual secara digital di 242 digital stores di seluruh dunia.

“Jadi kita jualannya ke digital juga. Sebenarnya sekarang lebih enak. Fisik masih ada dan digital juga berkembang. Meskipun fisiknya selalu menurun, namun digital selalu naik. Sekarang ini, eranya pertemuan antara fisik dan digital. Kita dorong Andre di 240 stores digital di seluruh dunia. Semua brand digital kita masuk,” terang Oktaf.

sumber: Suara Pembaruan


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.