Beranda Ekonomi Hari Batik Nasional, Kemenperin Minta Perajin Perkuat Logo

Hari Batik Nasional, Kemenperin Minta Perajin Perkuat Logo

143
0
Sebarkan
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, sewarga.com – Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin meminta, para pengrajin batik di Indonesia untuk dapat menyertakan logo pada setiap produk yang telah dihasilkannya.

Husin menuturkan, produk batik indonesia yang telah mendapat pengukuhan dari Unesqo sebagai warisan tak benda pada 2009 ini sudah memiliki banyak peminat.

“Diharapkan pengrajin bisa menunjukkan logo dengan hak ciptanya, agar batik Indonesia mudah dikenal dan mendunia,” kata Husin saat acara Hari Batik Nasional di Museum Tekstil, Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Menurut Husin, pengukuhan batik Indonesia oleh Unesqo pada 2009 juga menjadikan tantangan tersendiri bagi pemerintah maupun pengrajin di Indonesia.

“Karena selain sebagai kebanggaan, pengukuhan juga menjadi tantangan karena harus terus melestarikan dan melindungi batik sebagai warisan,” tambahnya.

Husin menyebutkan, Indonesia merupakan negara kaya akan batik, di mana model dan motif batik asal Indonesia sejatinya banyak dan selalu mengikuti perkembangan jaman.

“Batik Indonesia memiliki berbagai keunggulan di antaranya motif yang memiliki nilai seni dan budaya dengan nilai tinggi. Model dan tren yang terus berkembang tetap dibuat dengan tangan yang kreatif,” tandasnya.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.