Beranda Nasional Jokowi: Perkuat Cadangan Beras Nasional

Jokowi: Perkuat Cadangan Beras Nasional

58
0
Sebarkan
 Presiden Joko Widodo (kedua kanan) dan Wapres Jusuf Kalla (kanan) memimpin rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, 21 September 2015 (Antara/Widodo S.Jusuf)
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) dan Wapres Jusuf Kalla (kanan) memimpin rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, 21 September 2015 (Antara/Widodo S.Jusuf)

Jakarta, sewarga.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran menteri Kabinet Kerja memperkuat cadangan beras nasional, meskipun sampai saat ini masih banyak daerah masih menghadapi kekeringan akibat kemarau panjang.Kepala Negara menyatakan, pemerintah terus melakukan terobosan serta bersikap terbuka mengenai ketersediaan pasokan pangan yang terganggu akibat El Nino.

“Sudah beberapa kali saya sampaikan. Kita ingin memperkuat cadangan beras kita. Tapi kita harus melihat di lapangan kondisinya seperti apa. Kita harus bicara apa adanya kepada masyarakat bahwa ada El Nino,” kata Presiden Jokowi pada peluncuran Operasi Pasar Bulog Serentak di Kawasan Pergudangan Sunter, Bulog Divisi Regonal Jakarta, Jumat (2/10).

Dia memprediksikan, apabila pada bulan ini akan turun hujan, maka pemerintah akan mengkalkulasi ulang langkah-langkah konkret yang akan diterapkan untuk memperkuat cadangan beras di dalam negeri. Saat ini, pasokan beras yang ada di gudang-gudang milik Perum Bulog mencapai 1,7 juta ton.

Disebutkan, langkah-langkah konkret yang ditempuh pemerintah, misalnya dengan menggelar operasi pasar bertujuan untuk memberikan keuntungan kepada semua pihak, baik pengusaha maupun masyarakat sebagai konsumen.

“Kalau bulan Oktober ini sudah turun hujan, nah kita akan putuskan. Supaya, petaninya senang, pedagang senang, dan masyarakat juga senang,” kata Presiden Jokowi.

 

Novy Lumanauw/MUT

sumber: Investor Daily


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.