Beranda Politik Olly Dondokambey: Nawacita Demi Kemandirian Rakyat

Olly Dondokambey: Nawacita Demi Kemandirian Rakyat

79
0
Sebarkan
Wakil Ketua Banggar Olly Dondokantbey Usai Diperiksa KPK Source : VIVAnews/Anhar Rizki Affandi (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)
Wakil Ketua Banggar Olly Dondokantbey Usai Diperiksa KPK Source : VIVAnews/Anhar Rizki Affandi (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

Jakarta, sewarga.com – Nawacita bukan anti hutang atau investor, namun bagaimana mengolahnya demi kemandirian rakyat. Hal tersebut disampaikan Ketua Faksi PDI Perjuangan Olly Dondokambey dalam diskusi buku “Membumikan Trisakti Melalui Nawacita” di Senayan, Jum’at 2 Oktober 2015.

Olly menjelaskan bahwa dalam APBD 2015 Jokowi dengan nawacitanya memberikan penguatan terhadap supaya tidak terjadi eksploitasi oleh asing. “Nawacita sebenarnya bukan kita takut akan hutang dan investor, namun memang pada dasarnya untuk kemandirian rakyat, dulu Soekarno juga seperti itu,” ujar Olly.

Lebih lanjut dijelaskan Olly bahwa BUMN harus kuat  karena bisa menjaga kestabilan ekonomi Indonesia. “Kalau pada saat reformasi kita disuruh jual BUMN oleh IMF, sekarang BUMN perlu dikuatkan agar ekonomi stabil,” katanya.

Pengamat Politik Boni Hargens dalam kesempatan ini juga menyampaikan bahwa buku yang ditulis Olly merupakan sebuah konfirmasi tentang kecintaan dan loyalitasnya terhadap ajaran besar Trisakti Bung Karno.

“Gagasan yang dipaparkan memperlihatkan bahwa Olly benar-benar Sukarnois yang konsisten dan seorang politisi negarawan,” ujar Boni.

Megawati dalam pengantar buku ini menjelaskan bahwa ia selalu menekankan agar Trisakti “dibumikan” sebagai obat persoalan bangsa. Trisakti artinya berdaulat di bidang politik, mandiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

sumber: VIVa.co.id


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.