Beranda Nasional Gara-gara Bocah Iseng, Pabrik Payung di Depok Terbakar

Gara-gara Bocah Iseng, Pabrik Payung di Depok Terbakar

53
0
Sebarkan
Pabrik payung di Depok terbakar. (Foto: VIVA.co.id/Zahrul Darmawan)
Pabrik payung di Depok terbakar. (Foto: VIVA.co.id/Zahrul Darmawan)

Depok, sewarga.com –  Sebuah gudang bekas produksi payung di Jalan Belimbing, Pancoran Mas Depok, ludes dilalap api. Diduga, kebakaran terjadi akibat sejumlah bocah membakar ranting pohon, Sabtu 3 Oktober 2015.

Peristiwa ini sempat membuat sejumlah warga panik. Mereka berupaya semaksimal mungkin menjinakkan amukan si jago merah meski dengan alat seadanya. Namun sayang, diduga banyak bahan yang mudah terbakar, api pun dengan cepat melumat seisi gudang tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Salah seorang saksi, warga Jalan Blimbing, Lita, yang rumahnya tidak jauh dari lokasi kejadian menuturkan, saat itu dia mencium bau hangus. Dan ketika hendak mengecek keluar rumah didapatinya gudang di sebrang telah mengepul asap hitam.

“Waktu itu lagi nonton TV, terus cium bau hangus di luar rumah. Penasaran kan, coba ditelusuri tahunya gudang seberang rumah sudah penuh asap hitam kebakar,” kata dia.

Menurut Ketua RW02, Syafril Arsad, kejadian ini cukup membuat warga kaget terlebih kejadian saat cuaca sangat panas api mudah sekali membesar.

“Warga yang tahu kebakaran langsung antisipasi bersama-sama memadamkan. Cuma kondisi memang panas sangat terik, jadi api cepat sekali membesar. Banyak warga yang rumahnya berdekatan ketakutan api merambat, jadi kita cepat-cepat saja terjun ke sungai Ciliwung memadamkan api,” ucapnya.

Gudang yang luasnya sekira 30×60 itu rata hangus terbakar, pemilik gudang yang rumahnya tidak jauh dari gudang mengaku sangat syok dan tidak menyangka gudang yang sudah puluhan tahun berdiri ini terbakar hebat.

“Di sana jadi penyimpanan bahan-bahan bekas payung, sama mesin-mesin produksi juga. Enggak nyangka aja, gudang yang sudah lama berdiri ini bakal terbakar hebat gini,” ucap Ane Setiasah, anak pemilik gudang.

Ia menambahkan, saat kejadian orangtuanya sedang tidak berada di rumah. Ane mendapati kabar dari tetangganya, kalau gudang payung yang ia miliki terbakar.

“Setahu saya ada beberapa anak iseng bakar ranting-ranting pohon bambu, tahunya api menyambar ke gudang. Terus itu anak panik terus kabur ke seberang Kali Ciliwung. Kebetulan ayah saya, lagi tidak ada dirumah. Dapet kabar dari tetangga ketok-ketok pintu.”

Sementara itu petugas Damkar yang mendapati kabar adanya kebakaran langsung terjun ke lokasi. Namun kondisi jalan yang sempit, dan letak kebakaran yang jauh dari jangkauan mobil Damkar membuat api sulit untuk dipadamkan.

Api baru bisa dipadamkan sejam kemudian. Guna penyelidikan lebih lanjut, kasusnya kini ditangani Polsek Pancoran Mas Depok.

sumber: VIVA.co.id


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.