Beranda Nasional Borobudur Bisa Jadi Kiblat Wisata Umat Buddha di Dunia

Borobudur Bisa Jadi Kiblat Wisata Umat Buddha di Dunia

168
0
Sebarkan
 Sejumlah pengunjung menyaksikan patung Budha di halaman candi Borobudur Magelang, Jateng, Sabtu (30/5). Antara/Anis Efizudin
Sejumlah pengunjung menyaksikan patung Budha di halaman candi Borobudur Magelang, Jateng, Sabtu (30/5). Antara/Anis Efizudin

Jakarta, sewarga.com –  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengaku ingin Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bisa menjadi kiblat wisata bagi umat Buddha dari seluruh dunia.

“Kami ingin bikin Borobudur jadi Mekahnya orang Buddha. Ibaratnya buat orang Islam, harus naik haji dulu sebelum meninggal,” katanya seperti dikutip dari Antara, Jakarta, Minggu (4/10/2015).

Menurut Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu mengatakan Candi Borobudur jauh lebih indah ketimbang Angkor Wat di Kamboja. Oleh karena itu, Rizal menuturkan bahwa dirinya ingin Candi Borobudur menjadi tujuan religius umat Buddha.

“Kalau orang Kristen sebelum meninggal ke Jerussalem, orang Islam naik haji dulu ke Mekah, nah, orang Buddha kudu ke Borobudur,” ujarnya.

Dengan begitu, Bobobudur kemungkinan akan lebih banyak digunakan untuk kegiatan religius.

“Tapi kita harus perbaiki,” katanya.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.