Beranda Internasional Sekjen PBB: Pengeboman di RS Afghanistan Harus Diusut Tuntas

Sekjen PBB: Pengeboman di RS Afghanistan Harus Diusut Tuntas

135
0
Sebarkan
 Sekjen Ban Ki-moon menghadiri rapat Dewan Keamanan PBB di New York, AS, 30 September 2015. (Foto: AFP / Andrew Burton / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)
Sekjen Ban Ki-moon menghadiri rapat Dewan Keamanan PBB di New York, AS, 30 September 2015. (Foto: AFP / Andrew Burton / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

New York, sewarga.com –  Sebuah serangan udara menghancurkan rumah sakit Afghanistan dan menewaskan sedikitnya 19 orang, termasuk tiga anak-anak, Sabtu (3/10/2015) dini hari waktu setempat.

RS ini dijalankan grup relawan Doctors Without Borders atau MSF di kota Kunduz.

“Sekjen (Ban Ki-moon) mengutuk keras serangan udara di Kunduz, Afghanistan, yang berujung pada kematian atau luka-luka pekerja medis dan pasien,” tulis pernyataan kantor Ban, seperti dikutip Reuters.

“Semua personel rumah sakit sudah secara jelas dilindungi di bawah hukum kemanusiaan internasional. Perlu segera dilakukan investigasi menyeluruh terhadap serangan ini,” sambungnya.

Kondisi kejadian belum dapat dipastikan, namun militer Amerika Serikat tengah melancarkan serangan udara di Kunduz di waktu yang sama dengan hancurnya RS MSF.

Militer AS menyelidiki apakah pesawat AC-130, yang sedang beroperasi dalam menggempur Taliban dari udara, bertanggung jawab dalam serangan ini.

Presiden AS Barack Obama mengungkapkan duka mendalam atas kejadian ini. “Kementerian Pertahanan telah meluncurkan investigasi penuh, dan kita akan menunggu hasilnya sebelum menentukan apa yang sebenarnya terjadi dalam tragedi ini,” kata Obama.

sumber: Metrotvnews.com


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.