Beranda Politik Soal Pelindo II, BPK Siapkan Data Selengkapnya

Soal Pelindo II, BPK Siapkan Data Selengkapnya

79
0
Sebarkan
Ilustrasi BPK (Antara)
Ilustrasi BPK (Antara)

Jakarta, sewarga.com – DPR RI sudah memutuskan pembentukan Pansus Pelindo II dalam rapat paripurna DPR RI hari ini. Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Achsanul Qosasih menyatakan pihaknya siap membeberkan data selengkapnya apabila memang diminta DPR RI.
“Nanti kami akan paparkan di depan Pansus,” kata Achsanul, Senin (5/10).

BPK sudah pernah melaksanakan audit terhadap pengadaan mobile crane di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Di luar itu, saat ini, BPK RI sedang melakukan audit terhadap perpanjangan kontrak Jakarta International Container Terminal (JICT).

“Kita sedang panggil konsultan-konsultannya, kenapa mereka memberi reasoning seperti itu (sehingga kontrak diperpanjang, Red),” kata Achsanul.

Dia menolak membeberkan substansi temuan mereka sejauh ini. Ketika saatnya dibutuhkan oleh Pansus, BPK siap memberikan informasi. Yang pasti, ditegaskan Achsanul, bahwa pihaknya akan memeriksa secara mendalam dan fair.

“BPK berprinsip jangan sampai ini dipolitisir, jangan ada kesan ini membenarkan yang salah atau menyalahkan yang benar,” tegas Achsanul.

Sebelumnya, rapat paripurna DPR RI hari ini mengesahkan pembentukan Pansus Pelindo II. Disampaikan, usulan pembentukan Pansus Pelindo II merupakan tindak lanjut dari rapat dengar pendapat antara Komisi III DPR dengan Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti pada 8 September 2015. Seluruh fraksi di DPR mendukung pembentukan pansus demi me‎ngawasi proses penegakan hukum kasus dugaan korupsi di Pelindo II.

sumber: Beritasatu


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.