Beranda Ekonomi MRT, Bentuk Indonesia Masih Jalin Kerja Sama dengan Jepang

MRT, Bentuk Indonesia Masih Jalin Kerja Sama dengan Jepang

108
0
Sebarkan
Pemerintah tengah membangun proyek MRT. (FOTO: MI/PANCA SYURKANI)
Pemerintah tengah membangun proyek MRT. (FOTO: Media Indonesia/PANCA SYURKANI)

Jakarta, sewarga.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil mengatakan hubungan Indonesia dengan Jepang tetap baik pasca-Tiongkok memenangkan proyek kereta cepat.

Meskipun Jepang sempat dikabarkan kecewa lantaran Indonesia lebih memilih Tiongkok, Sofyan mengatakan hubungan Indonesia dengan Jepang jauh lebih luas daripada soal kereta cepat. Menurutnya, kereta cepat Jakarta-Bandung hanya masalah investasi yang ada di Indonesia.

“Jadi kenapa Presiden kirim saya ke Jepang, untuk utusan khusus untuk meyakinkan kita tidak ada masalah sama sekali dengan Jepang,” ujar Sofyan, saat ditemui di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Selasa (6/10/2015).

Masih lanjut Sofyan, kerja sama antara Jepang dan Indonesia tidak hanya berhenti di proyek kereta cepat Jakarta-Bandung saja. Menurutnya masih ada kerja sama lain seperti proyek Mass Rapid Transit (MRT) yang hingga kini masih dijalankan.

“Jepang punya banyak program kerja sama di Indonesia seperti MRT, ya kemudian banyak sekali, ini kerja sama Government to Government (G2G),” ungkap Sofyan.

Pada kesempatan sebelumnya, Sofyan Djalil terbang ke Jepang untuk menjelaskan alasan pemerintah menolak proposal dari negeri Sakura tersebut. Dia mengungkapkan, Jepang meminta jaminan ke pemerintah, sementara pemerintah menetapkan prinsip business to business (b-to-b).

Artinya tidak ada anggaran dan jaminan dari pemerintah dalam pelaksanaan proyek yang kini berubah menjadi kereta api berkecepatan sedang itu. Karena hal ini yang menyebabkan pemerintah lebih memilih Tiongkok ketimbang Jepang.

sumber: Media Indonesia


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.