Beranda Nasional Surya Paloh Apresiasi Karya Seni Tatang Bouqie

Surya Paloh Apresiasi Karya Seni Tatang Bouqie

461
0
Sebarkan
Surya Paloh saat menghadiri pameran lukisan dan patung Seniman Tatang Ramadhan Bouqie di Galeri Nasional, Jakarta. Metrotvnews.com/Arga Sumantri
Surya Paloh saat menghadiri pameran lukisan dan patung Seniman Tatang Ramadhan Bouqie di Galeri Nasional, Jakarta. Metrotvnews.com/Arga Sumantri

Jakarta, sewarga.com –┬áSeniman Tatang Ramadhan Bouqie menggelar pameran lukisan dan patung di Galeri Nasional, Jakarta. Pameran tunggal ini dibuka langsung oleh Surya Paloh.

Pada kesempatan itu, Surya Paloh mengapresiasi hasil karya yang dipamerkan oleh Tatang.

“Sebagai sahabat tentu saya merasa berbesar hati, bahkan memiliki kebanggaan sendiri terhadap Tatang,” kata Surya Paloh di Galeri Nasional, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Selasa (6/10/2015).

Pameran tunggal Tatang Ramadhan Bouqie yang berjudul ‘Celebrating Disorder’ digelar di Galeri Nasional Indonesia pada 6-18 Oktober. Sejumlah lukisan dan patung karya Tatang dipajang di Galeri Nasional .

Kurator pameran Jim Supangkat, menerangkan pameran Tatang Ramadhan Bouqie kali ini menyajikan catatan kehidupan dan perilaku secara global. Adanya perilaku yang cenderung menabrak, mengabaikan, bahkan menolak aturan, tatanan hukum, etika, adab, dan kemuliaan manusia.

Kumpulan gambar di tengah bidang berskala besar itu, menurut Jim sangat unik. Tidak ada pola gambar yang diulang. Setiap gambar memperlihatkan ide, makna, dan pesona tersendiri.

“Seperti setiap kata pada puisi,” ungkap Jim.

Selain Surya Paloh, opening ceremony pameran tunggal Tatang juga dihadiri oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang, Fery Mursidan Baldan. Nampak juga hadir seniman Jajang C. Noer dan Titi DJ.

Kepala Galeri Nasional Tubagus Andre Sukmana berharap pameran Tatang ini dapat meningkatkan minat dan apresiasi masyarakat dalam mengenali berbagai hasil kreativitas para perupa Indonesia. Pameran juga diharapkan bisa menjadi motivasi, dan edukasi dibidang seni rupa.

“Tujuannya untuk meningkatkan daya apresiasi seni, sehingga mampu mendorong terciptanya rasa dan sikap kepedulian, serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa, khususnya karya seni rupa modern dan kontemporer,” kata Andre.

Tatang Ramadhan Bouqie adalah seniman senior. Karirnya dalam dunia desain grafis cukup panjang. Pria lulusan desain grafis Institut Teknologi Bandung ini tercatat pernah bekerja di sejumlah media sejak 1980-an.

Beberapa media yang pernah memakai jasa Tatang sebagai graphic designer antara lain, Majalah Tempo, Majalah Matra, Majalah Berita Editor. Terakhir Tatang pun mengabdikan diri di Media Grup.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.