Beranda Nasional Ahok Siap Jalankan Pelatihan Bela Negara Tanpa Paksaan

Ahok Siap Jalankan Pelatihan Bela Negara Tanpa Paksaan

53
0
Sebarkan
 Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jumat (1/10/2015).
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jumat (1/10/2015).

Jakarta, sewarga.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan Jakarta siap menjalankan pelatihan bela negara yang baru saja diwacanakan Kementerian Pertahanan.

“Saya kira bagus ada program bela negara. Menurut saya, kalau ada program bela negara dimasukkan ke mata pelajaran itu sudah bagus. Mulai dari pelajaran saja dulu,” kata Ahok saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Kamis (15/10).

Kendati demikian, Ahok berpendapat sebaiknya tidak ada unsur paksaan dalam pelatihan bela negara. Ia menilai program ini sebaiknya diberikan kepada orang-orang yang siap dan bersedia.

“Saya kira semua negara harus lakukan, namun bukan paksaan. Kalau suatu hari negara ini diserang, Anda mau angkat senjata enggak? Pasti angkat senjata kalau patriot,” kata Ahok.

Masalahnya, kata Ahok, anggaran untuk bela negara tidak memadai. Karenanya, ia menilai program bela negara bisa dimulai dalam bentuk pelajaran terlebih dulu sebelum pelajaran menggunakan senjata.

“Memangnya belajar menembak satu peluru enggak bayar? Belajar disiplin juga butuh biaya. Nah, itu yang anggarannya belum cukup,” kata Ahok.

Ia berpendapat resimen mahasiswa (menwa) dapat menjadi tombak terdepan untuk pelatihan bela negara. Ahok menilai Menwa juga akan berada di garis terdepan bila suatu saat Indonesia diserang negara lain.

Kementerian Pertahanan akan menyelenggarakan pembentukan kader pembina bela negara 19 Oktober mendatang, di 45 kabupaten dan kota secara serentak. Melalui pelatihan tersebut, Kemhan mencanangkan 4.500 warga sipil siap menjadi pembina.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menegaskan, angka tersebut harus tercapai tahun ini. Di tahun-tahun berikutnya, para pembina tersebutlah yang akan melatih warga sipil lainnya.

sumber: Berbagai sumber


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.